post image
KOMENTAR
Ribuan bibit ikan mujair dan nila ditebar di sungai-sungai sekitar Hutan Tanaman Industri (HTI) sektor Habinsaran, Tobasamosir. Penebaran benih ikan yang dilakukan Tobapulb itu bertepatan dengan Hari Bakti Rimbawan (HRB) dan Hari Kehutanan Internasional pada 17 Maret lalu.

Empat sungai yang mendapat suplai bibit ikan mujair dan nila itu antara lain Aeknaoto, Aek Simarea, Aek Bongbongan dan Aek Birong. Bibit ikan yang ditebar berasal dari kolam pembibitan di kompleks UPL (unit pengolahan limbah) TobaPulp di desa Sosorladang, Parmaksian.

Penabruan bibit-bibit ikan itu dilakukan Manajer Forest Sustainability, Ir Mangasi Sianipar MSi bersama bersama Leo Sifing Lumbantobing, Lafstor Lumbanraja, serta Lambertus Siregar.

"Kita berharap kelak, setelah besar dapat menjadi sumber protein baru bagi penduduk sekitar HTI melalui kegiatan menjala atau memancing," ujar Mangasi Sianipar dalam siaran pers yang diterima MedanBagus.Com, Selasa (18/7/2014).

Secara berkelanjutan, kata Mangasi, TobaPulp akan menggiatkan program penaburan ikan di sungai-sungai di semua sektor HTI mulai dari sektor Aeknauli di kabupaten Simalungun, Tele (Humabahas, Samosir, Dairi, Pakpak Bharat), Aekraja (Tapanuli Utara) hingga Padangsidempuan.

Selain dapat diandalkan sebagai sumber protein bagi penduduk sekitar, program tebar ikan juga membangun kehidupan normal di sungai-sungai di dalam konsesi sebagai upaya Tobapulp dalam melakukan pelestarian alam. [ded]

Keterangan Foto:
Mangasi Sianipar, Leo Sifing Lumbantobing,dan Lafstor Lumbanraja (dari kiri ke kanan) menabur bibit ikan di Aek Bongbongan. [Ist]

Anak Dan Ayah Keroyok Warga Hingga Tewas Di Medan

Sebelumnya

Ini Obat Cair Yang Digunakan Reynhard Sinaga 'Predator Seksual' Dalam Memperdaya Korbannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Kriminal