post image
KOMENTAR
Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) menyebutkan akses informasi yang dimiliki KPU Sumatera Utara saat ini masih sangat memprihatinkan. Hal ini ditandai dengan minimnya fasilitas yang dimiliki oleh KPU Sumut untuk dijadikan akses mendapatka informasi seputar pelaksanaan pemilu yang dilaksanakan oleh KPU Sumatera Utara.

"Kami belum melihat fasilitas yang memadai untuk mengakses informasi yang ada di KPU Sumut," kata Ria Wulandari, Staff Perludem Jakarta, usai melakukan evaluasi kunjungan ke KPU Sumut, Rabu (19/3/2014).

Ria menjelaskan, akses yang sulit pada sebuah lembaga penyelenggara pemilu merupakan hal yang tidak boleh terjadi. Sebab, seluruh informasi dan kegiatan yang dilakukan oleh KPU Sumut langsung berhubungan langsung dengan kepentingan masyarakat yang menjadi bagian penting dari pelaksanaan pemilu itu sendiri.

"Bagaimana masyarakat akan mengetahui informasi tentang pemilu kalau akses untuk itu tidak tersedia dengan baik, padahal ini KPU Sumut loh," ungkapnya.

Perludem sendiri mengaku akan membantu KPU untuk membenahi berbagai fasilitas penunjang untuk mengakses informasi yang ada di KPU Sumut. Fasilitas tersebut antara lain dengan membenahi media center dan juga menjamin akses internet yang menjadi salah sarana utama untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

"Kami berharap fasilitas yang dibenahi tersebut diimbangi dengan kecepatan informasi dari KPU Sumut," ujarnya.

Diketahui, KPU Sumut menjadi salah satu KPU dengan akses informasi tersulit saat ini. Buruknya pengelolaan sarana sosialisasi yang dimiliki seperti fasilitas media center yang dilengkapi dengan jaringan internet maupun sarana informasi yang bersifat manual lainnya seperti papan pengumuman terlihat tidak terawat sama sekali.

Bahkan pengelolaan websitenya sendiri hingga saat ini masih amburadul. Ditandai dengan tidak lengkapnya informasi seputar kegiatan pemilu yang mereka laksanakan.[rgu]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Peristiwa