post image
KOMENTAR
Popularitas Ketua Umum Golkar, Abu Rizal Bakrie (ARB) semakin tertinggal dibanding sejumlah kader Golkar lainnya seperti Jusuf Kalla, Priyo Budi Santoso dan juga Akbar Tanjung.

Survei Pusat Kajian Pancasila, Hukum, dan Demokrasi (Puskaphdem) Universitas Negeri Semarang menyebutkan, ada tiga tokoh yang mulai membayang-bayangi popularitas ARB yang kini mencapai 91,28 persen itu. Ketiga tokoh itu adalah Jusuf Kalla dengan popularitas 90,64 persen, Priyo Budi Santoso dengan popularitas 87,43 persen dan Akbar Tanjung dengan popularitas Tandjung 75,59 persen.

"Ical lebih populer dari kader lain sangat wajar karena dia adalah seorang ketua umum dan capres yang sering muncul di iklan," ujar Direktur Eksekutif Puskaphdem Arief Hidayat di Hotel Grand Melia, Jakarta Selatan, dilansir rmol.co, (Senin, 31/3/2014).

Tingginya popularitas ARB ini sendiri menurut Arif berbanding terbalik dengan elektabilitasnya yang cuma 16,42 persen. Sementara Priyo encapai 18,44 dan Jusuf Kalla 17,33 persen. Tingginya elektabilitas keduanya menurut Arif, disebabkan mereka memiliki kemampuan politik yang cukup baik dimana JK misalnya terus aktif menyapa masyarakat lewat lembaga Palang Merah Indonesia (PMI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI).

"Sedangkan Priyo naik karena manuver politiknya menjelang Pileg 2014," imbuhnya.

Arief menjelaskan, survei Puskaphdem ini dilakukan pada 19 Februari sampai 28 Maret 2014 di 34 provinsi. Motode survei ini menggunakan multistage random sampling, dengan jumlah responden yang diambil sebanyak 1.090 responden. Tingkat tingkat kepercayaan survei ini 95 persen dengan margin error plus minus 2,98 persen.

"Pengambilan data dilakukan melalui teknik wawancara dengan bantuan kuesioner," demikian Arief.[rmol/rgu]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Peristiwa