post image
KOMENTAR
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Simalungun, Minggu (6/4/2014), distribusikan logistik Pemilu Legislatif (Pileg) kepada 15 Kecamatan yang ada di Kabupaten Simalungun. Logistik itu nantinya diterima, masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Sedangkan untuk 16 kecamatan lainnya, akan disalurkan besok, Senin (7/4/2014). Dengan ketentuan, seluruh logistik keperluan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu pada 9 April 2014 nanti, sudah harus tersalur seluruhnya, satu hari sebelumnya.

Dalam hal ini, losistik itu, satu hari menjelang hari H pemungutan suara, harus sudah sampai ketangan PPS (Panitia Pemungutan Suara) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di ribuan TPS yang ada di Simalungun.

"Akhir pekan lalu, logistik 15 kecamatan sudah dipersiapkan untuk 15 PPK dan sisanya 16 PPK dipastikan Senin sudah siap antar. Masing-masing utusan PPK hadir di KPU guna memeriksa mendapingi langsung pengiriman. Dua petugas kepolisian disiapkan mengawal laogistik bahkan sampai ke tangan PPS," ujar komisioner KPU Simalungun, Abdul Razak.

Logistik yangt dikirim hari ini, mengutamakan desa (nagori) terpencil di Simalungun. Karena untuk menuju kesana membutuhkan waktu dan pengamanan maksimal. Sehingga dalam penyaluran, petugas tidak mengabaikan titik rawan yang terdapat di  15 kecamatan itu.

Sedangkan komisioner lainnya, Adelbert Damanik menjelaskan, logistik yang dikirim terdiri dari kotak untuk masing-masing surat suara DPR-RI, DPD-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

Secara total, terdapat 6.720 kotak surat suara yang akan dikirimkan ke 1.685 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 31 Kecamatan. Rinciannya, masing-masing TPS akan dilengkapi empat kotak suara. Sedangkan untuk bilik suara, tiap TPS hanya dilengkapi dua bilik, dengan jumlah total sebanyak 3370 bilik.

Untuk surat suara DPR-RI, DPD, DPRD Provinsi Sumut dan DPRD Kabupaten Simalungun, seluruhnya sebanyak 2.581.116 lembar, dari 631.156 jumlah pemilih di Simalungun.

Dijelaskan Damanik, Simalungun terdiri dari 631.156 pemilih. Terdiri dari 313.314 pemilih laki-laki dan 317.842 pemilih perempuan.

Katanya, setelah logistik diterima PPK, sejak tanggal 6 sampai 8 April 2014, PPK menyalurkan ke PPS, lalu diteruskan ke KPPS disetiap TPS yang ada.

"Lain dari itu kami sudah koordinasi dengan pihak kepolisian untuk langsung mengamankan apa bila ada petugas lain yang mengkalaim sebagai KPPS," tambahnya. [ded]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa