post image
KOMENTAR
KPU Sumatera Utara optimis target partisipasi pemilih pada Pemilu Legislatif 2014 akan tercapai yakni sebesar 75% persen dari total pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilihan Tetap (DPT). Salah satu alasan yang membuat mereka yakin dengan target tersebut yakni pemutakhiran data pemilih yang dilakukan hingga beberapa tahapan.

"Tingginya persentase golput karena banyaknya data pemilih ganda maupun yang sudah meninggal namun masih terdata sebagai pemilih pada pemilu yang lalu," kata Komisioner KPU Sumut divisi Sosialiasi, Yulhasni, Selasa (8/4/2014).

Yulhasni menyebutkan, saat ini 9.736. 747, yang tercatat dalam DPT Sumut merupakan angka yang ril sesuai dengan keberadaan pemilih. Jumlah ini berbeda jauh dengan jumlah pemilih yang tercantum dalam DPT Pilgubsu 2013 laluyakni sebanyak 10.310.872 pemilih.

"Pengurangan jumlah ini setelah dihapuskannya pemilih ganda maupun yang meninggal tentu akan membuat persentase yang muncul semakin ril," ungkapnya.

Diketahui, persentase partisipasi pemilih menjadi saah satu sorotan dalam setiap penyelenggaraan pemilu. Hal ini dikarenakan tren penurunan partisipasi pemilih yang terus terjadi. [rgu]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa