post image
KOMENTAR
Perolehan suara Darmayanti Lubis, calon DPD RI dari Sumatera Utara saat ini jauh melampaui perolehan suara dari sejumlah calon DPD RI lainnya, khususnya pada daerah yang menjadi penyumbang DPT terbesar di Sumut yakni Medan dan Deli Serdang.

Perolehan suara calon DPD Incumben ini mencapai 101.396 suara di Kota Medan dan 80.928 di Deli Serdang.

Tingginya perolehan suaranya tersebut menurut Direktur Pusat Pendidikan Pelatihan dan Penelitian Sentral Institut, Akhyar Ansori turut dipengaruhi oleh nomor urut Darmayanti yakni nomor 4 yang secara kebetulan sama dengan nomor partai yang diprediksi sebagai pemenang pemilu legislatif 2014 yakni PDI Perjuangan.

"Tidak bisa dinafikan ada faktor keberuntungan  dalam pemenangan DPD. Seperti yang dialami Darmayanti, bisa jadi lebih beruntung nomor urutnya sama dengan pemenangan Pemilu 2014 yaitu PDIP, sama-sama nomor empat," katanya, Rabu (23/4/2014).

Akhyar mengingatkan, kondisi yang sama pernah terjadi pada Pemilu 2009 lalu, dimana nomor urut 31 calon DPD ketika itu Pdt Sumurung Samosir Harianja, mendapatkan suara yang sangat besar di Sumut. Sebab nomor urutnya kebetulan sama dengan Partai Demokrat yang menjadi pemenang Pemilu 2009. Hanya saja, Sumurung gagal lolos karena hanya menempati peringkat lima.

"Dalam politik, faktor keberuntungan punya andil dalam menentukan kemenangan meski sifatya bukan yang utama. Apalagi jika dikaitkan dengan pencalonan DPD  yang merupakan perseorangan. Tidak akan ada satu pun calon DPD yang bisa berkampanye atau bersosialisasi ke 33 kabupaten/kota  secara intensif atau menyebar tim pemenangannya ke seluruh daerah. Kemungkinan mereka hanya memprioritaskan daerah tertentu saja dalam bersosialisasi. Apalagi dalam hal pengadaan saksi, tentu tidak semua TPS bisa disediakan. Butuh anggaran miliaran rupiah untuk itu saja," ungkapnya.

Bukan hanya Darmayanti Lubis, menurutnya calon DPD lainnya yang mendapat rejeki nomor urut juga dialami oleh Dedi Iskandar Batubara yang suaranya juga cukup besar di beberapa daerah. Kebetulan saja nomor urut Sekjen DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumut itu sama dengan Partai Gerindra yaitu enam.

"Gerindra adalah partai yang naik daun pada Pemilu kali ini. Nomor urut 6 seakan memberikan tuah juga kepada calon DPD yang memiliki nomor sama," demikian Akhyar. [rgu]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa