post image
KOMENTAR
Minus jumlah partisipasi pemilih dari Kabupaten Nias Selatan dan Padang Lawas yang masih belum ditetapkan hingga saat ini karena masih menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU), persentase pemilih di Sumatera Utara pada Pemilu Legislatif 2014 lalu hanya 66% saja.

Angka ini didasarkan pada perhitungan partisipasi pemilih dari 31 kabupaten/kota minus Nias Selatan dan Padang Lawas, yang dilaporkan pada pleno rekapitulasi suara tingkat provinsi Sumatera Utara. Dari jumlah total 9.332.106 pemilih yang terdaftar dalam DPT, hanya 6.248.232 yang tercatat menggunakannya atau sekitar 66,9 persen.

Angka yang tidak jauh berbeda juga ditemukan jika mengacu pada jumlah total pemilih yang tercantum pada Daftar Pemilih Tetap (DPT), DPT tambahan, Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan DPK Tambahan. Dimana total dari 4 jenis pemilih ini yakni 9.635.753 pemilih. Namun dari jumlah tersebut yang menggunakan hak suaranya hanya sekitar 6.512.463 pemilih atau 67,8 persen.

Sementara target dari KPU RI pada pemilu 2014 ini yakni 75 persen partisipasi pemilih dari total pemilih yang ada. [rgu]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa