post image
KOMENTAR
Ketua DPD PAN Serdang Bedagai yang saat ini juga menjabat Bupati, Soekirman mengaku mendukung pelaksaan Pilkada secara langsung. Ia mengaku tidak sependapat dengan sikap PAN di pusat yang meminta agar pemilihan kepala daerah diserahkan lewat mekanisme DPRD

"Saya mendukung pilkada langsung ketimbang  melalui DPRD. Saya tidak setuju dengan sikap Partai Amanat Nasional (PAN) yang  diserahkan lewat mekanisme DPRD," ujarnya, Jumat (12/9/2014).

Dikatakannya, pilkada langsung merupakan amanah Undang-Undang 1945. Dimana azas pemilu berdasarkan UUD 45 harus umum, langsung, bebas, rahasia, jujur dan adil.

"Jika pilkada diserahkan kembali melalui mekanisme DPRD maka akan mundur dari semangat UUD 45," katanya.

Permintaan  pilkada diserahkan melalui DPRD ini, dinilai  karena banyaknya kekurangan dalam pilkada langsung.

"Seharusnya pihak-pihak itu memperbaiki kelemahan, bukan mengembalikannya ke sistem yang lama. Namun terlepas dari itu semua, saya menyerahkan keputusan kepada DPR RI," jelasnya.

Seperti diketahui, pembahasan RUU Pilkada di DPR RI berlangsung alot, terutama mengenai mekanisme pemilihan kepala daerah.

Berdasarkan hasil rapat Panja RUU Pilkada pada 9 September 2014, fraksi partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih ingin agar kepala daerah dipilih oleh DPRD seperti zaman Orde Baru dengan berbagai alasan. Hanya PDI-P, Hanura, dan PKB yang meminta kepala daerah dipilih secara langsung.[rgu]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa