post image
KOMENTAR
Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi berpesan kepada kontingen Sumut untuk mengukir prestasi dan menjunjung tinggi sportivitas dalam Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) I yang berlangsung di Jambi.

Harapan tersebut disampaikan Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi saat melepas 167 atlet, pelatih dan official kontingan Popwil Sumut dari aula Martabe, lantai 2 kantor Gubernur Sumut, Jl. Diponegoro Medan, Kamis (6/11/2014).

Hadir dalam acara pelepasan Ketua kontingen Popwil Sumut yang juga kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Sumut Baharuddin Siagian dan sejumlah kepala SKPD Pemrintah Provinsi (Pemprov) Sumut.

"Olahraga bukan hanya mengejar prestasi, akan tetapi juga sangat berperan dalam mendidik disiplin dan moral generasi muda yang memiliki karakter kebangsaan," ujar Erry.

Tidak lupa Erry memberikan semangat kepada para atlet untuk melakukan hal terbaik demi mengukir prestasi demi mengharumkan nama Sumut.

"Tanamkan tekad untuk menjadi yang terbaik. Bagi yang tidak juara, Popwil harus menjadi arena belajar melatih mental bertanding. Dan jangan lupa, buat Sumut bangga," harap Erry.

Khusus kepada pelatih dan official, Erry berpesan untuk meningkatkan sinergitas antara pengurus cabang olahraga. Dengan begitu, pembinaan atlet muda berbakat dapat ditingkatkan.

"Popwil ini merupakan babak kualifikasi menuju Pekan Olahraga Pelajar Nasional yang berlangsung di Bandung, Jawa Barat tahun 2015 mendatang. Semoga atlet Sumut mendapat tiket ke Popnas nantinya," ujar Erry.

Menurut Erry, Popwil merupakan salah satu upaya untuk melihat perkembangan pembinaan olahraga ditiap provinsi. Bibit atlet berbakat akan mendapat kesempatan menunjukkan prestasinya pada Popnas nantinya.

"Popwil adalah mencari bibit atlet nasional. Manfaatkan kesempatan ini. Tunjukkan prestasi," ujar Erry.

Erry juga menyampaikan rasa prihatinnya atas penurunan prestasi atlet Sumut di Popnas dalam beberapa tahun terakhir. Kontingen Sumut menempati posisi 6 besar pada Popnas ke 9 tahun 2007 lalu di Kalimantan Timur. Kemudian mengalami penurunan peringkat menjadi posisi 12 pada Popnas 10 Tahun 2009 di Yogyakarta, posisi 12 pada Popnas ke 11 di Riau Tahun 2011 dan tidak mampu mengubah posisi dari peringkat 12 pada Popnas ke 12 di DKI Jakarta Tahun 2013.

"Jika kontingen Sumut sukses di Popwil Jambi, saya optimis Sumut akan mampu mengubah peringkat pada Popnas di Bandung, Jawa Barat tahun 2015 mendatang," harap Erry.

Sementara Sekretaris Kontingen Popwil Sumut Majrinal SE MSi menyatkan, Popwil I tahun 2014 di Jambi akan berlangsung sejak 15-21 November 2014 dengan melombakan 8 cabang pertandingan yakni bulutangkis, tenis lapagan, tenis meja, sepabola, sepak takraw, pencak silat, volley dan basket.

"Untuk cabang bulutangkit, kita membawa 8 atlit dan 2 pelatih, tenis lapagan 8 atlit dan 2 pelatih, tenis meja 8 atlit dan 2 pelatih, sepak bola 18 atlit 3 pelatih, sepak takraw 2 atlit dan 2 pelatih, pencak silat 16 atlit dan 3 pelatih, bola voli 24 atlit dan 4 pelatih, bola basket 24 atlit dan 4 pelatih," papar Majrinal.

Majrinal menjelaskan, kontingen Sumut berangkat dalam tiga gelombang yakni, gelombang pertama cabang olahraga bola basket akan diberangkatkan pada tanggal 8 November 2014, gelombang kedua cabang olahraga sepak bola dan bola voli tanggal 14 november 2014 dan gelombang ketiga akan diberangkatkan atlit cabang olahraga tenis lapangan, tenis meja, bulu tangkis, sepak takraw, pencak silat, measure, dokter, wartawan dan pendamping kontingen pada tanggal 15 November 2014.

"Kontingen akan kembali lagi ke Medan pada tanggal anggal 21 November 2014. Diharapkan kontingen ini dapat mendorong kontigen Popwil Sumut untuk mencapai puncak prestasi pada saat berlangsungnya Popwil I Tahun 2014 di Jambi," harap Majrinal.[rgu]

Juara Bertahan Liverpool Tersingkir Dari Liga Champion

Sebelumnya

Menang Tipis Dari KKBO Langkat United Jadi Modal PSMS Medan Jelang Laga Perdana Liga 2 Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Olahraga