post image
KOMENTAR
Wakiil MPR RI, Hidayat Nur Wahid mengatakan, partai politik memiliki tanggung jawab besar dalam meningkatkan kualitas berdemokrasi di Indonesia. Hal ini disampaikannya saat memberikan sosialisasi empat pilar kebangsaan di Hotel Grand Angkasa, Medan, Sabtu (15/11/2014).

"Makna demokrasi memang terkait dengan partai politik. Partai politik agar bisa kemudian melakukan perannya secara maksimal, mereka penting untuk semakin memahami apa yang menjadi dasar penting dalam kehidupan bernegara kita ada Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika," katanya.

Dengan semakin memahami keempat pilar kebangsaan tersebut, Hidayat Nur Wahid memastikan partai politik akan turut berusaha untuk memunculkan perilaku berpolitik yang baik dan konstitusional.

"Perilaku yang membawa solusi bagi masyarakat dan bangsa, yang menguatkan masyarakat selaku pemegang kedaulatan," ungkapnya.

Dengan meningkatnya pemahaman mengenai seluruh pilar kebangsaan tersebut,masyarakat menurutnya juga akan semakin memahami makna kedaulatan yang berada ditangan mereka. Dimana, masyarakat tidak lagi asal pilih dalam menentukan calon pemimpin, termasuk bagaimana mereka mengontrol kinerja pemimpin dan lembaga-lembaga negara yang dipilih oleh rakyat.

"Rakyat akan mengetahui, hak dan kewajiban mereka. Dan juga menguatkan rakyat sebagai pemegang kedaulatan yang karenannya mereka bukan hanya layak memilih namun juga memberikan punishmen," ungkapnya.

Hidayat Nur Wahid hadir mensosialisasikan empat pilar kebangsaan atas undangan dari PKS Sumatera Utara. Sosialisasi tersebut dihadiri oleh jajaran petinggi DPW PKS Sumut, kader dan simpatisan PKS, anggota DPRD dari PKS dan kalangan masyarakat lainnya seperti mahasiswa.[rgu]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa