post image
KOMENTAR
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan tak terlihat menghadiri Rapat Pimpinan Nasional Partai Gerindra yang dibuka kemarin (Rabu, 8/4). Zulhas, begitu ia disapa, rupanya lebih memilih ikut acara pembukaan Kongres IV PDI Perjuangan di Bali, hari ini (Kamis, 9/4).

Langkah Zulhas tersebut seolah memberi sinyalemen bahwa PAN di bawah kepemimpinannya beralih ke kubu Koalisi Merah Putih (KMP).

Kader Muda Progresif (KMP) PAN, Adnan Rarasina menilai langkah dan gerak politik Zulkifli Hasan ini bukan sebuah kebetulan semata, namun bisa dilihat sebuah rangkaian peristiwa sebelumnya. Seperti pernyataan Plt Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto pada Musyawarah Daerah PDIP DKI Jakarta bahwa kepemimpinan PAN yang baru akan mengubah konstelasi kekuatan politik nasional.

Selanjutnya sikap politik Zulkifli Hasan yang menolak hak angket untuk Menkumham Yassona Laoly terkait kisruh PPP dan Golkar. Hingga pertemuan Ketua Majelis Pertimbangan Partai PAN Soetrisno Bachir dengan Jokowi, sehari sebelum kongres PDIP.

"Keempat tidak pernah hadirnya Zulkifli dalam acara Koalisi Merah Putih, termasuk Rapimnas Gerindra yang baru-baru ini diselenggarakan. Ini semua menunjukan arah politik PAN yang semakin merapat ke KIH," papar Adnan melalui pesan singkatnya yang diterima wartawan.

Kendati di satu sisi, kunjungan Zulkifli itu bisa saja sekadar silaturahmi politik untuk memecah ketegangan anatara KIH dan KMP. Namun Adnan mengingatkan, apabila motif politik Zulkifli ingin membawa PAN masuk ke KIH seperti halnya yang dilakukan Golkar Agung Laksono, maka itu pelanggaran keputusan kongres. Adnan menilai satu-satunya kaki KMP di PAN saat ini tinggal gerbong PAN yang dimotori Amien Rais.

"Keberadaan PAN di KMP adalah hasil keputusan kongres bila ingin mengubahnya maka dibutuhkan kongres kembali dan itu adalah kongres luar biasa, dan tentunya bola ini akan semakin liar," pungkas Adnan.[rgu/rmol]

Penerima Daging Qurban di Kelingan Bertambah, Panitia: Alhamdulillah

Sebelumnya

Partai Demokrat Tugaskan Teguh Santosa Dampingi Bobby Nasution

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa