post image
KOMENTAR
Setidaknya ada sembilan poin penting yang menjadi hasil keputusan rapat perdana Tim Transisi yang dirampungkan dinihari tadi (Kamis, 14/5).

Salah satunya menetapkan mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bibit Samad Rianto sebagai ketua Tim Transisi dan wakilnya, Lodewik F. Paulus yang mantan Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus.

"Selanjutnya, Tim Transisi akan melakukan komunikasi langsung dengan FIFA paling lambat pekan depan," papar Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora, Gatot S Dewa Broto melalui siaran pers.

Seperti diketahui, induk sepakbola dunia itu memberi deadline hingga tanggal 29 Mei 2015 atas surat peringatan banned yang dikirimkan kepada PSSI. Dalam komunikasi itulah, tim akan menjelaskan kisruh yang terjadi antara Kemenpora dan PSSI.

Tim juga akan menjalin komunikasi dengan Asprov dengan mengundangnya dalam forum rapat kerja nasional selambat-lambatnya sebelum Ramadhan, mengambil alih tanggung jawab persiapan tim nasional senior, serta memastikan training camp timnas Indonesia tetap berjalan.
 
"Tim Transisi akan melaksanakan open tournament yaitu Piala Kemerdekaan yang dimulai awal bulan Juni 2015  dan Kompetisi Sepakbola yang fairplay dan transparan di Indonesia secepatnya," beber Gatot.

Bahkan Tim Transisi juga akan mengupayakan akses lebih baik untuk mensponsori klub yang berkompetisi di Liga. Baik klub profesional maupun amatir dari Liga Indonesia sampai divisi bawah.

Selain itu, mendorong pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam membuat regulasi pembiayaan klub amatir. Pada regulasi itu tim transisi akan membuka kompetisi bagi klub amatir di daerah juga pembinaan usia dini.

Menanggapi mundurnya empat anggota Tim Transisi beberapa saat setelah diumumkan, Gatot menyebutkan bahwa mereka akan mencari penggantinya. Empat anggota Tim Transisi yang resmi mundur itu adalah Velix Wanggai (mantan Staf Khusus Presiden SBY), Farid Husain (Ketua PMI / mantan Juru Runding soal Aceh di Helsinki), Darmin Nasution (mantan Gubernur BI) dan Ridwan Kamil (Walikota Bandung).

"Kepada mereka berempat, Kemenpora mengucapkan terima-kasih meskipun pada akhirnya mengundurkan diri karena kesibukan dan pertimbangan lain masing-masing," ujar Gatot.

Rapat perdana dihadiri 11 anggota. Dua anggota lainnya, FX Hadi Rudyatmo dan Iwan Rukminto berhalang hadir karena ada keperluan lain.Menpora Imam Nahrawi sendiri juga tidak hadir karena tengah mendukung tim bulu tangkis Indonesia di Piala Sudirman Cup. Namun demikian untuk pertemuan berikutnya, Gatot memastikan, akan dihadiri langsung oleh Menpora.[hta/rmol]

Juara Bertahan Liverpool Tersingkir Dari Liga Champion

Sebelumnya

Menang Tipis Dari KKBO Langkat United Jadi Modal PSMS Medan Jelang Laga Perdana Liga 2 Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Olahraga