post image
KOMENTAR
Punden berundak Gunung Padang yang berusia belasan ribu tahun sebelum Masehi diyakini tidak berdiri sendiri. Karena baru-baru ini sekitar 2 km dari Gunung Padang ditemukan pula situs lainnya menyerupai menhir dan makin ke Selatan semakin banyak.

Hal itu diungkapkan salah satu peneliti Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) Gunung Padang, Dr Ali Akbar kepada Pembina TTRM, Laksamana TNI Ade Supandi, Rabu malam, (8/7), usai acara buka puasa di Rumah Dinas Kasal Jalan Diponegoro 38, Jakarta Pusat.

"Bila ditarik garis lurus sejauh 60 km dari Gunung Padang ke arah selatan, Pelabuhan Ratu, maka ditemukan kekar tiang pancang (Columnar Joint) atau cetakan yang sama, seperti yang terdapat di Gunung Padang," jelas Ali Akbar.

Dijelaskannya, Masyarakat Arkeologi Indonesia(MARI) belum lama ini menemukan struktur punden berundak yang dibuat menggunakan columnar joint di Pelabuhan Ratu, dekat Hotel Samudra Beach Hotel. Dimana terdapat tangga batu yang dibuat mengarah ke atas, dan dibagian atas terdapat punden berundak.

"Penemuan itu cukup mencengangkan karena membuka kemungkinan kaitan antara situs Gunung Padang dengan situs Pelabuhan Ratu," ujar Ali Akbar.

Penemuan ini, jelas Ali Akbar, tergolong langka karena punden berundak berundak umumnya ditemukan di perbukitan atau pegunungan yang berada di pedalaman. Namun kini punden berundak ditemukan hanya 100 meter dari bibir pantai yang mengindikasikan adanya budaya maritim.

"Minggu lalu warga sekitar Pelabuhan Ratu melaporkan tentang adanya situs-situs lain dengan jarak sekitar 15 km dari Pelabuhan Ratu," ujar Ali Akbar.

Selama ini, masyarakat sekitar Pelabuhan Ratu tidak tahu kalau disana ada situs punden berundak columnar joint. Masyarakat hanya tau bahwa di lokasi situs ditemukan adalah tempat meditasi Bung Karno.

Sementara itu inisiator TTRM, Andi Arief menegaskan bahwa hambatan apapun yang akan terjadi dalam upaya mengungkap peradaban nusantara di Gunung Padang tidak menyurutkan niat TTRM untuk terus berupaya dengan mematuhi aturan yang ada. [hta/rmol]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas