post image
KOMENTAR
Setelah bekerja hampir34 jam, petugas pemadam kebakaran Pemko Medan berhasil memadamkan api yang membakar seluruh isi dan bangunan gedung Medan Plaza yang terbakar pada Sabtu (22/8) dinihari kemarin.

Saat ini petugas pemadam kebakaran masih bekerja untuk melakukan pendinginan.

"Kita masih melakukan pendinginan terhadap gedung Medan Plaza yang terbakar kemarin, kata salah seorang petugas pemadam kebakaran Pemko Medan, Ade (30), Minggu (23/8).

Dirinya menyayangkan, bahwa saat terjadinya kebakaran, hidran yang berada disisi kiri bangunan tidak berfungsi.

Hal ini membuat pemadam kebakaran kebingungan untuk mencari pasokan air.
"Padahal titik api berasal dari sisi kiri, malah hidrannya tidak berfungsi. Kalau hidran disisi kanan berfungsi," jelasnya.

Saat ini, arus lalu lintas sudah berjalan lancar, karena petugas kepolisian sudah membuka Jalan Iskandar Muda.


Sementara itu,  Kepala Dinas P2K Kota Medan, Marihot Tampubolon mengatakan, hangusnya seluruh bangunan dan isi di gedung Medan Plaza bukanlah kesalahan pihak pemadam kebakaran yang datang terlambat.

"Kita tidak terlambat datang. Hidran di lokasi gedung yang terbakar saja tidak berfungsi," katanya.

Dirinya juga mengegaskan, penataan
bangunan Medan Plaza berlantai VII tersebut menyalahi prosedur.

Seharusnya, saat didirikan bangunan
tersebut harus memilikibalkon diposisi luar.

"Jadi setiap pendirian hotel, plaza maupun tempat hiburan harus memiliki balkon dan ini yang tidak dimilik oleh gedung Medan Plaza. Inilah yang membuat pemadam kebakaran kesulitan untuk masuk kedalam untuk memadamkan api yang membesar," jelasnya.

Marihot juga mengaku, pihak manajemen gedung Medan Plaza juga tidak pernah melakukan pengecekan dan perawatan alat Smoke Detektor, sehingga penangkal utama untuk memadamkan api tersebut tidak diketahui pasti berfungsi atau tidak.

"Hingga saat ini pihak manajemen gedung Medan Plaza juga belum ada melakukan koordinasi sama kita, dimana saja titik - titik gas dan sebagainya yang dapat kembali menimbulkan percikan api," ujarnya.

Dijelaskannya, saat ini pihaknya masih melakukan pendinginan dan penyisiran terhadap titik- titik lokasi gedung yang dapat kembali menimbulkan api.

"Rencananya hari ini selesai proses pendinginannya. Ada 35 unit mobil pemadam kebakaran yang masih kita siagakan untuk melakukan penyemprotan terhadap titik api," pungkasnya. [hta]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas