post image
KOMENTAR
Perdana menteri Australia terpilih, Malcolm Turnbull berjanji untuk fokus meningkatkan ekonomi negaranya yang mulai goyah.

Partai Liberal yang berkuasa memilih menggulingkan Tony Abbott dari kursi perdana menteri dan mendukung Turnbull, mantan pengusaha teknologi yang sangat populer di antara pemilih dalam pemilihan umum tertutup pada Senin (14/9) malam.

"Saya sangat optimis, dan kami akan menetapkan aturan baru dalam beberapa minggu ke depan, yang akan menjamin kemakmuran selama bertahun-tahun," kata Turnbull kepada para wartawan saat menuju ke parlemen, Selasa (15/9), mengutip dari Reuters.

Turnbull mengalahkan Abbott dalam tantangan kepemimpinan, pemilihan pemimpin Partai Liberal dengan suara 54-44. Turnbull kini menjadi PM Australia ke 29. Kekalahan Abbott adalah imbas dari opini buruk yang terus menyerangnya.

Abbott masih memenangkan tantangan kepemimpinan pada Februari namun kalah pada hari ini.

Turnbull, sempat digulingkan sebagai pemimpin konservatif Partai Liberal oleh Abbott pada 2009. Namun Turnbull secara konsisten dipandang sebagai perdana menteri yang akan disukai. Meski demikian, dukungannya untuk skema perdagangan karbon dan pernikahan gay membuatnya tidak populer di kalangan sayap kanan partainya.

Turnbull secara luas diperkirakan akan merombak kabinet, dengan kemungkinan mengganti Bendahara Negara saat ini, Joe Hockey, yang tengah berjuang melawan kebijakan anggaran yang tidak populer. Hockey kemungkinan akan digantikan dengan Menteri Sosial, Scott Morrison.

Sementara, Menteri Luar Negeri, Julie Bishop, yang memenangkan suara partai untuk mempertahankan posisi tambahan sebagai wakil perdana menteri, menyatakan dia telah berdiskusi dengan para pemimpin internasional semalam terkait perubahan kepemimpinan.

Perubahan kepemimpinan Australia merupakan salah satu tanda ketidakstabilan politik di negeri kangguru ini. Dalam beberapa tahun terakhir, Australia diguncang oleh berbagai intrik dan kudeta partai yang berujung pada berkurangnya kepercayaan publik dan investor kepada stabilitas politik Australia.

Tokoh Partai Buruh, Kevin Rudd, perdana menteri terpilih dengan mandat yang kuat pada 2007, digulingkan oleh wakilnya, Julia Gillard, pada tahun 2010 di tengah situasi serupa seperti Abbott.

Gillard pada gilirannya digulingkan oleh Rudd menjelang pemilihan dimenangkan oleh Abbott pada 2013.[hta/rmol]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa