post image
KOMENTAR
Pengamat Sosial Politik UMSU Shohibul Anshor Siregar mengatakan, terbuat dari jenis apapun kotak suara pilkada Kota Medan bukanlah menjadi persoalan, selama integritas tetap terjaga dengan baik.

"Mau terbuat dari karton, besi, emas dan lainnya tidak ada masalah, yang penting itu adalah integritas penyelenggara Pilkada yang perlu ditingkatkan demi suksesnya pilkada yang berdemokrasi," Ucapnya, Selasa (27/10/2015).

Menurutnya, mudah-mudahan tidak hujan, dan jika pun hujan, hendaknya jangan sampai membasahi dokumen yang ada di dalam kotak itu. sebetulnya yang paling diperlukan adalah integritas jajaran penyelenggara.

"Peti besi suara pun digunakan, tidak ada artinya sama sekali jika dikelola oleh penyelenggara yang tidak berintegritas dan penuh kecurangan. prioritas kajian sudah harus fokus kepada teknis penyelenggaraan yang selain minim penyelewengan juga hemat, dan itu dengan e-voting. Kotak besi dengan gemboknya bisa digergaji dan diganti dengan gembok baru. Itu jika integritas tidak ada," bebernya.

Dia menambahkan, dengan sistem yang diberlakukan sekarang, penyelenggara harus berpikir dan memiliki cara pandang dengan arif dan bijaksana. Pilkada Kota Medan dan daerah lainnya harus lebih jujur dan transparan serta menjunjung tinggi demokrasi.

"Untuk itu, integritas penyelenggara pilkada Kota Medan dan daerah lainnya baik itu KPU, Panwas, DKPP dan lainnya juga harus ditingkatkan demi suksesnya pilkada serentak se Sumut bahkan se Indonesia," tukasnya.[rgu]

Penundaan Pelantikan Kepala Daerah di Kepulauan Nias akan Membuat Kepulauan Nias Semakin Mundur!

Sebelumnya

Maju di Pilkada Sumut, Sofyan Tan Pasti Punya Hitung-hitungan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga