post image
KOMENTAR
Terpilihnya nama Prof Runtung Sitepu sebagai Rektor USU periode 2016-2021 langsung mendapat perhatian dari sejumlah kalangan khususnya alumni universitas negeri terbesar di Sumatera Utara tersebut. Salah satu diantara alumni USU yang langsung menyampaikan harapannya terhadap Prof Runtung Sitepu yakni Sutrisno Pangaribuan, Alumni Fakultas Teknik Kimia stambuk 96 yang kini menjadi anggota DPRD Sumatera Utara.

Melalui rilisnya, Politisi PDI Perjuangan ini berharap Prof Runtung Sitepu mampu membawa berbagai inovasi dan perubahan di USU dengan mengumpulkan semua potensi dan menggalang dukungan dari berbagai pihak yang menurutnya sangat mendukungnya untuk memimpin.

"Dia didukung semua pihak, terbukti dia menang di Senat Akademik dan menang juga di MWA," katanya, Kamis (21/1).

Berkaca dari pengalamannya selama kuliah di USU, Sutrisno mengatakan banyak hal yang harus dibenahi oleh Prof Runtung Sitepu agar USU kembali menjadi universitas terbaik di Pulau Sumatera. Pembenahan tersebut yakni  dengan membangun sistem transparan, demokratis, terbuka terhadap kritif, dail dan menutup semua peluang korupsi. Kedua, dalam menysun para wakil rektor, pejabat rektorat, dekan hingga ketua departemen harus mengedepankan objektivitas, profesionalitas dan kapasitas. Ketiga, Prof Runtung juga menurutnya harus menginisiasi transparansi audit managemen, keuangan, dan kurikulum sehingga sistemnya tidak korup yang akan membuat kepemimpinnnya menjadi tidak maksimal.

Selain itu, Rektor USU menurutnya juga harus mampu mempromosikan karya-karya ilmiah produk mahasiswa dan dosen USU agar semakin dikenal dalam dunia pendidikan. Salah satu sarana untuk itu yakni dengan menghidupkan kembali media pers mahasiswa dan radio USU dan terakhir yakni membersihkan usu dari praktik premanisme.

"Dosen preman, security preman, pegawai preman dan mahasiswa preman harus dihapuskan dari USU. Saya yakin sebagai orang dengan latar pendidikan hukum, Prof Runtung mampu melakukan itu semua," demikian Sutrisno.[rgu]

Rajudin: Kehadiran PPPK Jangan Sampai Menyingkirkan Guru Honor

Sebelumnya

Sekolah Ditutup 14 Hari, Gubernur Edy Rahmayadi: Belajar Dirumah

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Pendidikan