post image
KOMENTAR
Fenomena gerhana matahri benar-benar menyedot perhtian banyak orang. Di medan, ribuan warga berbondong-bondong menyaksikan fenomena alam itu dari pelataran gedung pasca sarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU).

Gelombang kedatangan warga yang antusis tampak terlihat memadati pelataran gedung Pasca Srjana UMSU dimulai dari pukul 05.00 wib

Dalam rombongan warga  tampak hadir Rektor UMSU Dr. Agusani, MAP beserta Jajarannya.

Selain menonton terjadinya solar eclipse, warga juga sholat gerhana matahari dengan khatib yang dipimpin oleh Drs. Dalail Ahmad, MA.

"Ummat harus mampu menganalisa kejadian kejadian alam dengan kaca mata ilmiah dan mengkesampingkan budaya-budaya yang tidak relevan seperti sembunyi dibawah tempat tidur atau membunyikan alat kentongan. Dan jela ala mini dapat menambah keimanan kepada tuhan atas segala kekuasaanya pada alam semesta," pesan dosen UIN Sumut ini.

Di tempat yang sama, seorang penanggung jawab kegiatan Gunawan, MA memaparkan bahwa kegiatan pemantauan Gerhana matari dan solat gerhana merupakan kegiatan Observarium Ilmu Falak (OIF)  UMSU yang telah direncanakan jauh-jauh hari. Untuk mengakomodir keinginan masyarakat  dalam pemantauan gerhana matahari yang aman dan dapat menggunakan alat-alat yang standart untuk kesehatan mata dengan menggunakan teleskop yang telah dilengkapi filter matahari.

Panitia juga menyediakan infocus dengan layar besar dilapangan dengan objek pengamatan Gerhana di Bandara kualanamu bekerjasama dengan BMKG, ada juga layar yang menunjukan proses pengamatan Live dari TV Muhammadiyah, dan layar tentang Profil OIF UMSU yang dipertontonkan pada masyarakat luas.

"UMSU menyediakan kaca mata Gerhana sebanyak 2000 buah yang dibagikan secara gratis  kepada seluruh pengunjung dan jamaah Sholat gerhana yang hadir, selain itu juga panitia menyediakan 3000 paket sarapan kepada masyarakat agar masyarakat dapt nyaman mengamati. Untuk teleskop yang disediakan ada 9 teleskop yang dapat diakses oleh masyarakat baik yang dilapangan maupun di lantai 7 Gedung pascasarjana, untuk keamanan pengunjung yang dilantai 7 diatur secara bergilir menghindari hal-hal yang tidak dinginkan", papar sekertaris rektor UMSU ini. [hta]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas