post image
KOMENTAR
Keberhasilan Sabar Gorky mendaki gunung-gunung tinggi di dunia harus diapresiasi karena memiliki peran yang signifikan bagi sektor wisata nasional.

Sabar Gorky membuat pendaki-pendaki gunung mancanegara semakin tertarik untuk berkunjung ke Indonesia dan menjajal gunung-gunung tinggi yang ada di negeri ini.

Demikian disampaikan Penasihat Kehormatan Menteri Pariwisata, Sapta Nirwandar, dalam perbincangan di ruang tunggu VIP TVRI, Jalan Gerbang Pemuda, Jakarta, Sabtu pagi (19/3). Perbincangan terjadi tanpa sengaja. Sabar Gorky dan promotor Ekspedisi Indonesia Raya Teguh Santosa baru selesai mengisi acara mengenai pendakian Aconcagua, Argentina, sementara Sapta Nirwandar sedang menunggu giliran untuk tampil.

Melihat Sabar Gorky, mantan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu langsung memberikan apresiasi.

Menurutnya, Sabar bisa mendongkrak sektor sport tourism atau wisata olahraga di tanah air bagi pendaki-pendaki mancanegara.

"Gunung tinggi yang kita punya cukup banyak, dan bila dikelola dengan baik bisa menjadi atraksi yang mengundang turis asing, khusunya pendaki gunung. Mas Sabar ini berperan besar dalam membukakan mata dunia terhadap gunung-gunung yang kita punya," ujarnya.

Sebelumnya, Sabar mengatakan, banyak pendaki yang dia temui di Aconcagua tertarik pada Piramida Carstensz di Papua. Sabar dan anggota Korps Marinir TNI AL mendaki Carstenzs pada bulan Agustus 2015 lalu.

"Secara umum, bagi saya sejauh ini medan pendakian Carstensz lebih sulit. Cerita saya tentang Carstensz membuat kawan-kawan pendaki gunung dari negara lain tertarik dan ingin berkunjung," ujarnya.

Selain Carstensz dan Aconcagua, Sabar Gorky juga sudah mendaki Elbrus di Rusia dan Kilimanjaro di Tanzania pada tahun 2011.

Sementara Teguh mengatakan, dalam pertemuan dengan Menko Maritim dan Sumber Daya, Jumat sore (18/3), Menko Rizal Ramli mengatakan, pemerintah akan mengkaji kemungkinan membuka jalur pendakian untuk umum tanpa melalui fasilitas PT Freeport demi memudahkan para pendaki dalam dan luar negeri menjajal alam Carsztensz.

"Semoga hal ini bisa segera dilakukan mengingat animo pendaki gunung semakin tinggi untuk mendatangi Carstensz," ujarnya. [hta/rmol]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas