post image
KOMENTAR
Kota Padang Provinsi Sumatera Barat pada April mendatang bakal disambangi banyak wisatawan mancanegara. Mereka yang datang adalah para tentara dari luar negeri. Daerah yang terkenal dengan jam gadangnya itu akan menggelar Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2016 atau latihan bersama TNI Angkatan Laut dengan 35 negara sahabat.

Kemanterian Pariwisata akan memanfaatkan MNEK 2016 ini dengan menyajikan Wonderful Indonesia, khususnya di Padang dan Sumbar.

"Sumatera Barat punya Kawasan Wisata Mandeh, Raja Ampat dari Barat. Punya bukit, hutan, sungai, laut dan punya Bukit Tinggi. Selamat berlatih bersama," ujar Menteri Pariwisata, Arief Yahya di Jakarta, Jumat (1/4).

Perhelatan yang biasa disebut dengan Komodo Exercise itu akan menghebohkan di Kota Rendang dan Keripik Balado itu pada 9-16 April 2016. Negara-negara yang dipastikan hadir antara lain adalah Australia, Bangladesh, Brunei Darussalam, Cambodia, kanada, Chile, Kolumbia, China, England, Perancis, India, Jepang, Korea Selatan, Kuwait, Laos, Malysia, Mexico, Myanmar, Netherland, Selandia Baru, Pakistan, Peru, Philipine, Papua Nugini, Qatar, Rusia, Singapore, Saudi Arabia, Srilangka, Thailand, USA, Timor Leste, dan Vietnam.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Burhasman mengatakan perhelatan skala international itu melahirkan banyak ide bagi Pemko Padang untuk mengkombinasikan berbagai kegiatan di even tersebut. "Maka even itu dimulai lebih awal agar kami punya waktu untuk berpromosi, kami akan melaksanakan Sumatera Barat Maritime Expo juga akan digelar Festival Budaya Sumbar yang dipersembahkan untuk wisatawan dan tamu-tamu negara sahabat," ujarnya.

Lebih lanjut Burhasman mengatakan, kegiatan yang akan mengisi Festival Budaya Sumbar ini di antaranya adalah: lomba lari Padang 10 K, pelepasan anak penyu, sepak bola pantai, panggung hiburan, lomba masak, festival band pelajar dan lainnya. "Selain itu akan ada Mandeh Joy Sailing yakni pelayaran wisata menuju kawasan wisata Mande," katanya.

"Nantinya Sumatera Barat Maritime Expo dan Festival Budaya Sumatera Barat ini juga bisa merevitalisasi obyek-obyek wisata dengan cara mengangkat pelestarian seni budaya dan penguatan adat istiadat. Dalam acara ini dipaparkan juga pemahaman tentang kemaritiman sebagai bagian dari potensi industri pariwisata," kata Burhasman menambahkan.

Sekadar informasi, MNEK 2016 sendiri atau yang disebut dengan Komodo Exercise 2016 adalah kegiatan latihan TNI AL dengan angkatan laut negara-negara sahabat yang tergabung dalam anggota Western Pacific Naval Symposium (WPNS), Indian Ocean Naval Symposium (IONS) dan negara sahabat lainnya.

"Kami sudah bersinergi dengan TNI, ini membuktikan bahwa Sumatera Barat siap menyambut berbagai even skala international dan siap menyambut acara besar ini," ujar Burhasman.

Untuk acara Komodo Exercise 2016 Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengambil tema "Maritime Partnerships For Stabiity In Western Pasific Region". Laksamana Pertama TNI TSNB Hutabarat, MMS selaku Komandan Satgas Komodo Exercise 2016, Acara Komodo 2016 mengatakan, Komodo Exercise merupakan latihan militer Multilateral yang diselenggarakan oleh TNI AL dalam kegiatan maritim, rencananya akan diikuti oleh 35 negara peserta; terdiri dari International Fleet Review (IFR) atau parade kapal perang yang akan diikuti lebih dari 50 kapal perang dari 16 negara, 15th Western Pasific Naval Symposium (WPNS) akan diikuti oleh para Kepala Staf Angkatan Laut dari 27 Negara, dan 2nd Multilateral Naval Exercise Komodo 2016 (MNEK). [hta/rmol]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas