post image
KOMENTAR
Dandim 0207 Simalungun, Letkol Inf Oni Kristiyono Gendong, melaksanakan tanam padi perdana jenis variates Ciherang di Huta Gurgur Nagori, desa Simpang Pane, Kecamatan Panombean Pane.

Penanaman dilakukan dengan sistem jajaran legowo 4:1 dengan jarak tanam 20 x 20 dengan gang 40 cm.

Penanaman perdana ini juga diikuti antara lain, Pj Bupati Simalungun Binsar Situmorang, Kapolres Simalungun, AKBP Yofie Girianto Putro SIK, Asisten Ekbang Ir Debora DPI Hutasoit MM, Kadis Pertanian, Ir Jan Posman Purba, Muspika Kecamatan, Pangulu dan Ketua kelompok Tani.

Dandim 0207 Simalungun, Letkol Inf Oni Kristiyono Goendong, usai melakukan penanaman padi mengatakan, dalam kaitan ketahanan pangan, TNI melakukan MoU bersama dengan Menteri Pertanian bagaimana meningkatkan swasembada pangan.

"TNI melakukan MoU bersama dengan menteri pertanian guna meningkatkan swasembada pangan", tukasnya.

Khusus di wilayah Simalungun, saya bersama seluruh jajaran Kodim 0207 Simalungun, beserta Pemerintah Kabupaten Simalungun bekerjasama dalam meningkatkan swasembada pangan di wilayah Kabupaten Simalungun dan penanaman perdana di Kecamatan Panombeian Panei, merupakan langkah yang positif dalam mendukung swasembada pangan di Simalungun,” ungkap Dandim.

Sementara itu, Pj Bupati Simalungun, Binsar Situmorang mengatakan,  Simalungun merupakan lumbung pangan di Sumatera utara.

"Kabupaten Simalungun merupakan salah satu lumbung pangan di Sumatera Utara (Sumut) dan merupakan penyumbang PDRB terbesar di Kabupaten Simalungun, 2013 sebesar 16 persen dan tahun 2014 naik menjadi 20 persen.

Artinya, peran sektor pertanian itu sangat besar dan jika Simalungun dikatakan lumbung beras itu memang benar,” katanya.

Dikatakan, kegiatan tanam perdana padi sawah dilaksanakan untuk mendorong masyarakat agar kedepan melakukan penanaman padi secara serentak dalam meningkatkan ketersediaan pangan (beras) di Simalungun.

"Tanam perdana ini merupakan aksi kita (Kabupaten Simalungun) dalam membangun infrastruktur dibidang pertanian, terutama dalam meningkatkan produksi beras dan juga komoditi lainnya sehingga kedepan dapat menambah semangat kita sebagai daerah penyanggah beras di Sumut,”kata Binsar.

Binsar berharap, kepada masyarakat untuk bersama-sama dan semangat melaksanakan tanaman padi sawah dan menjaganya sehingga kedepan mendapat produksi lebih baik.[rgu]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas