post image
KOMENTAR
Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti memastikan akan menuntaskan perkara pembunuhan terhadap dua orang petugas pajak Kantor Perwakilan Pajak, Sibolga, Sumatera Utara.

Juru sita pajak negara bernama Parada Toga Fransriano Siahaan dan anggota satuan pengamanan Soza Nolo Lase tewas setelah ditikam wajib pajak yang adalah seorang pengusaha jual beli getah karet di Desa Hilihao, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, bernama Agusman Lase.

Badrodin mengatakan, dirinya sudah berkoordinasi dengan Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi, tadi pagi terkait staf insiden di Nias itu.

"Kami ucapkan belasungkawa atas dua staf Dirjen Pajak yang jadi korban meninggal dunia dihakimi oleh kelompok orang di Nias," kata dia.

Kapolri mengimbau kepada Dirjen Pajak agar pihaknya meminta pengawalan kepolisian dalam menjalankan tugas-tugas yang mengandung risiko terhadap diri petugas.

"Kebetulan kami sudah tandatangan MoU dengan Ditjen Pajak, Kemenkeu, Kabareskrim, Kaba Intel, Kabaharkam terkait kerjasama antara Polri dengan Ditjen Pajak," katanya.

Menurut Kapolri, para terduga pelaku berjumlah 10 orang sudah diamankan Polda Sumatera Utara. Semua pelaku itu ada di tempat kejadian perkara. Menurutnya, kepolisian tidak akan mentolerir kekerasan-kekerasan kepada petugas negara.

"Ada 10 orang, termasuk wajib pajak. Ini sedang proses pemeriksaan siapa-siapa saja yang terlibat kasus ini akan kita proses secara hukum sampai ke tingkat pengadilan," jelasnya.

Kapolri jelaskan dua penagih pajak dari kantor pelayanan pajak Sibolga itu sebenarnya hendak memberikan surat paksa kepada sang wajib pajak yang kantornya berada di Sibolga.

"Tapi orangnya tidak ada, lalu dia (petugas pajak) mendatangi Nias. Di situ terjadi kerawanan-kerawanan yang mugkin tidak diprediksi," terang Kapolri.

Wajib pajak menyerahkan diri kepada kepolisian. Sedangkan terduga pelaku yang lain ditangkap oleh kepolisian.

"Masih pengembangan apakah pelaku cuma satu atau lebih dari satu orang. Tentu hasil periksa Polda Sumut yang akan menentukan ini," tegasnya. [hta/rmol]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas