post image
KOMENTAR
Ratusan orang yang terdiri dari guru-guru YPN Brigjend Katamso, mahasiswa, dan masyarakat mengikuti seminar internasional yang diadakan YPN Brigjend Katamso bertepatan dengan perayaan hari ulang tahunnya. Seminar internasional yang bertemakan 'Pendidikan Nilai-Nilai Kemanusiaan: Menciptakan Sekolah Berbasis Pada Nilai-nilai Kemanusiaan' disajikan oleh pakar pendidikan dan budaya dari Kanada, Abhimanyu Kaul di aula Sei Ganesha, YPN Brigjend Katamso, Jalan Pinang Baris, Medan, Sabtu (16/4).

Dalam seminar tersebut, Abhimanyu mengatakan bahwa hal yang lebih penting dalam pendidikan seorang anak adalah mengajarkan nilai dari sebuah hal.

"Kita cari nilai dan makna utama baru kita ajarkan. Ketika kita sudah mengajarkan nilai atau bagian utama maka dia akan mengetahui bagian turunannya. Hal tersebut membuat kita lebih mudah mendidik anak kita," kata Abhimanyu.

Di depan para peserta seminar, Abhimanyu mengungkapkan bahwa sistem pendidikan di berbagai belahan dunia termasuk kanada sudah tidak lagi menggunakan kurikulum.

"Kalau di beberapa belahan dunia, mereka tidak menggunakan kurikulum tapi menggunakan nilai2 kemanusiaan," ungkapnya.

Abhimanyu juga mengatakan bahwa keluarga juga memiliki peran penting dalam perkembangan dan pendidikan seorang anak.

"Perkembangan pendidikan seorang anak tidak hanya ditentukan oleh sekolah. Keluarga juga punya peran yang tidak kalah pentingnya. Ada tiga hal yang harus ada pada keluarga sebagai tempat belajar anak yaitu kesabaran, ketegaran dan kesucian," ucapnya.

Walau menggunakan bahasa Inggris dalam menyampaikan sajian seminarnya, Abhimanyu tetap dapat berinteraksi dengan baik dan menarik dibantu oleh penerjemah. Hingga akhir acara, seminar tersebut tetap berjalan dengan atraktif.[rgu]

Rajudin: Kehadiran PPPK Jangan Sampai Menyingkirkan Guru Honor

Sebelumnya

Sekolah Ditutup 14 Hari, Gubernur Edy Rahmayadi: Belajar Dirumah

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Pendidikan