post image
KOMENTAR
Aparatur Sipil Negara (ASN), di lingkungan Pemerintah Kota Binjai, memperingati Hari Otonomi Daerah  ke XX Tahun 2016, Senin(25/4) di lapangan apel Kantor Walikota.

Walikota  Binjai, HM Idaham, bertindak sebagai Pembina Upacara  dan membacakan pidato tertulis  Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.
           
Menurut  Mendagri, peringatan Hari Otonomi Daerah setiap tanggal 25 April, bertujuan untuk memasyarakatkan dan memantapkan pelaksanaan otonomi daerah  di setiap tingkatan  pemerintahan, mulai dari pusat sampai dengan daerah.

Adapun tema peringatan tahun ini adalah  Memantapkan otonomi daerah menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
 
Dikatakannya, dari hasil survey peringkat daya saing 144 negara, Indonesia    berada pada peringkat ke-37. Masih berada dibawah Negara ASEAN lainnya, seperti Singapura ke-2, Malaysia ke-18 dan Thailand ke -31.

Sedangkan hasil survey Doing Bussiness oleh international Finance Coorporation (IFC)- World Bank Tahun 2015 menyatakan bahwa untuk penyelesaian perizinan   memulai usaha di Indonesia masih membutuhkan waktu rata-rata 52,5 hari, sedangkan Vietnam 34 hari, Thailand 27,5 hari, Timor Leste 10 hari, Malaysia 5,5 hari dan Singapura 2,5 hari.
 
"Ini memberi gambaran  bahwa dalam penyelesaian ijin memulai usaha, Indonesia masih jauh berada  di bawah negara lainnya di kawasan ASEAN", kata Tjahjo Kumolo.
          
Karena itulah, jelas Tjahjo Kumolo, untuk mendorong pertumbuhanan iklim investasi di Indonesia Presiden  Joko Widodo telah memerintahkan seluruh menteri, Kepela lembaga pemerintahan non departemen, gubernur dan bupati/walikota untuk segera melaksanakan simplifikasi  regulasi yang menjadi kewenangan masing-masing.
 
Peringatan Hari Otda  di Binjai diikuti sekda, para  asisten, staf ahli,  pimpinan  SKPD, camat dan lurah serta ASN di lingkungan Sekretariat  daerah.
 
Usai apel Walikota HM Idaham  didampingi Kepala  Kantor Pertanahan    Kota Binjai R Sinamo menyerahkan secara simbolis sertifikat hak milik kepada peserta prona tahun 2016.[rgu]

KOMENTAR ANDA

Baca Juga