post image
KOMENTAR
Safari Kebangsaan Sabang-Merauke Merajut Kebhinnekaan tahap pertama resmi berakhir di Malang, Jawa Timur, Jumat kemarin (13/5).

Di Malang, Ketua MPR yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Zulkifli Hasan bersama rombongan menjalani beberapa rangkaian kegiatan dialog pilar kebangsaan di Pondok Pesantren Bahrul  Maghfiroh yang dihadiri Bupati Malang Rendra Krisna, petik buah apel bersama masyarakat di Bumi Aji Kota Batu, dan pengajian sekaligus santunan anak yatim bersama masyarakat pesanggerahan Kota Batu.

Sehari sebelum di Malang, rombongan Zulkifli melakukan berbagai kegiatan di Surabaya dan Sidoarjo Jawa Timur. Di Surabaya Zulkifli dan rombongan memilki berbagai agenda antara lain dioalog kebangsaan bersama Walikota Surabaya Tri  Rismaharini, Rektor dan mahasiswa Unair di Kampus C Unair, dilanjutkan dengan dialog kebangsaan di Pendopo Kabupaten Sidoarjo yang mana dihadiri Bupati Sidoarjo SaifuIlah-Wakil Bupati Sidoarjo Hadi Sutjipto, dan dilanjutkan zairah ke makam Sunan Ampel.

Di banyak tempat itu, Zulkifli mengingatkan agar semua pihak tidak perlu reaktif menanggapi maraknya simbol-simbol partai terlarang akhir-akhir ini, yaitu fenomena "palu arit".

"Serahkan pada aparat keamanan kalau ada gerakan atau doktrin yang dilarang, aparat keamanan bisa menindak itu. Namun jangan reaktif dan berlebihan karena zamannya sudah berbeda," sebutnya.

Zulkifli juga mengingatkan perlu membangun kembali identitas ke Indonesiaan. Secara masif perlu dibangunan karakter cinta tanah air melalui pancasila.

"Dan ini perlu dilakukan secara masif namun bukan hanya oleh MPR, tetapi juga pemerintah pusat dan kabupaten," katanya dengan penuh harap.

Lebih jauh Zulkifli mengingatkan bahwa bangsa Indonesia saat menghadapi musuh yang nyata yaitu kemiskinanan, kesenjangan antara kaya dan miskin, narkoba yang merjalela, miras sampai kedesa- desa dan kejahatan seksual.

"Inilah musuh nyata bangsa Indonesia saat ini. Kita harus menghadapi bersama-sama musuh bangsa ini," tukas dia.

Rombongan DPP PAN yang menyertai Zulkifli Hasan antara lain Ketua Fraksi PAN DPR RI Mulfachri Harahap, Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Waketum Asman Abnur, Totok Daryanto, Anggota DPR RI  Riski Sadig, Kuswiyanto, Sungkono para pengurus DPP PAN Azis Subekti, Wasekjen Soni Sumarsono dan Ketua DPW  PAN Jawa Timur Masfuk.[rgu/rmol]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa