post image
KOMENTAR
Kegiatan Media Briefing seri 2 dengan topik 'Membangun Indonesia dari LPTK: Penerapan Active Learning for Higher Education (ALFHE) untuk Menghasilkan Guru Bermutu' yang diselenggarakan oleh USAID PRIORITAS di Digital Library Universitas Negeri Medan, Selasa (17/5), tidak hanya sekedar melatih jurnalis dalam mengeksplorasi dunia pendidikan sebagai pemberitaan. Kegiatan tersebut juga menghasilkan sebuah rencana tindak lanjut berupa menciptakan komunitas jurnalis peduli pendidikan.

Munculnya rencana tindak lanjut tersebut diawali oleh adanya masukan dari hampir seluruh jurnalis yang hadir. Jurnalis meninginkan adanya suatu komunitas yang dapat membantu dalam mengeksplorasi pemberitaan tentang pendidikan. Komunitas yang diinginkan para jurnalis tersebut juga dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan investigatif.

Dalam komunitas yang akan dibentuk tersebut, akan rutin diadakan diskusi-diskusi dan program investigatif guna mencapai pemahaman jurnalis terhadap isu-isu pendidikan yang akan diberitakan.

Mendapat masukan tersebut, USAID PRIORITAS dan LPTK UNIMED berkomitmen untuk membentuk komunitas jurnalis peduli pendidikan.

"Kita sangat senang dengan atensi yang diberikan para jurnalis di sini. Komunitas jurnalis peduli lingkungan sangat dibutuhkan untuk memberitakan isu-isu pendidikan di Sumut. Bekerja sama dengan LPTK UNIMED, kami akan segera membentuk komunitas tersebut. Kami juga bersedia memfasilitasi jurnalis jika ada yang ingin terjun ke daerah-daerah untuk meliput isu pendidikan," kata Agus Marwan, Koordinator USAID Sumut dihadapan para jurnalis.

Agus juga berharap jurnalis dapat membantu USAID PRIORITAS dalam upaya mewujudkan Sumatera Utara menjadi provinsi berbudaya literasi.

"Kami juga berharap rekan-rekan jurnalis dapat membantu program literasi yang telah kami jalankan. Sampai saat ini baru tiga kabupaten/kota yang telah berkomitmen untuk membangun budaya literasi yaitu Labuhan Batu, Binjai dan Langkat. Kami juga sudah sering memprovokasi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara agar mau berkomitmen untuk menjadikan Sumut sebagai provinsi yang berbudaya literasi. Dengan adanya bantuan rekan-rekan jurnalis, mudah-mudahan Pemprov SU segera mewujudkannya," pungkasnya. [hta]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas