post image
KOMENTAR
MBC.  Mantan Ketua Dewan Pers Bagir Manan menerima Lifetime Achievement dari Kantor Berita Politik RMOL atas perannya selama enam tahun, 2010-2016, dalam memajukan dunia pers Tanah Air.

Piala penghargaan tersebut diberikan Pemimpin Umum Kantor Berita Politik RMOL Teguh Santosa dalam acara Malam Budaya Manusia Bintang 2016 di Ballroom Horison Ultima, Palembang, malam ini (Jumat, 20/5).

Bagir Manan mengaku sebenarnya belum selesai belajar seluk beluk dunia pers. Namun dia harus turun dari jabatan karena sudah dua periode memimpin Dewan Pers.

"Maka saya ucapkan terima kasih kepada pers semua. Ini semuanya adalah berkat dukungan pers kepada saya," kata Bagir saat memberikan kata sambutan.

Bagir menyatakan demikian karena dirinya sebenarnya tidak pernah menggeluti dunia pers. Bagir selama ini berkarir sebagai hakim dan puncaknya menjabat sebagai Ketua Mahkamah Agung 2001-2008.

Karena itu dia sempat bertanya saat dicalonkan menjadi Ketua Dewan Pers pada tahun 2010 lalu.

"Ketika jelang tahun 2010, saya berada di Bandung ditelepon oleh seorang wartawan bahwa mereka memutuskan saya untuk jadi calon Ketua Dewan Pers. Saya tegur dia, apa Anda tidak salah," kenangnya.

"Saya tidak pernah berkecimpung di dunia pers kecuali sebagai hakim, yang memutus perkara pers termasuk yang ada di Sumsel. Tapi persnya tidak salah. Saya beri tempat yang wajar," sambungnya.

Namun dia akhirnya menerima tawaran tersebut karena sejak muda sudah menganggap bahwa demokrasi jalan terbaik.

"Pers sebagai komponan tidak dapat dikecualikan untuk melihat demokrasi yang baik. Demokrasi tanpa pers yang bebas omong kosong. Pers bebas tanpa demokrasi tidak mungkin," ungkapnya.

Karena itu, kata dia lagi, penghargaan ini dia persembahkan untuk kalangan pers. "Ini semata penghargaan untuk pers semuanya," tandasnya. [zul]
 

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas