post image
KOMENTAR
MBC. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Bunyi dari sila kelima tersebut merupakan sebuah hak previllage untuk seluruh masyarakat mendapatkan jaminan kehidupan sosial yang ideal. Namun hal tersebut masih jauh dari harapan. Penganut agama leluhur di Medan dan Deli Serdang masih mendapatkan eksklusi sosial. Seperti yang disampaikan salah seorang relawan Aliansi Sumut Bersatu, Veriyanto dalam Media Gathering di VIP Room Astro Grand Antares (21/5).

"Pemenuhan hak konstitusional penganut agama leluhur di Medan dan Deli Serdang merupakan salah satu bagian dari Program Peduli Indonesia milik Aliansi Sumut Bersatu. Masih banyak kelompok yang rentan mengalami eksklusi sosial dari kesempatan ekonomi dan program pemerintah. Kelompok-kelompok tersebut sering menghadapi stigma dan diskriminasi di lingkungannya sehari-hari," kata Veriyanto.

Veriyanto mengungkapkan program peduli dan perjuangan Aliansi Sumut Bersatu untuk menghapuskan ekslusi sosial bagi penganut agama leluhur masih belum mendapatkan aksi dan reaksi dari pemerintah.

"Kita seperti menghadapi tembok besar. Perjuangan masih belum menemukan hal yang berarti dari pemerintah untuk eksklusi sosial ini. Walaupun hasilnya masih belum terlihat, kita akan terus perjuangkan hingga pemerintah dapat lebih serius dalam menangani isu ekslusi sosial ini," ungkapnya.

Untuk mendesak pemerintah pusat dalam menangani kasus-kasus ekslusi sosial yang dialami penganut agama leluhur di Sumatera Utara, Aliansi Sumut Bersatu akan beraudiensi kepada Kepala Staff Presiden dalam waktu dekat.

"Dalam waktu dekat kami akan bertemu Kepala Staff Presiden untuk membicarakan masalah ini. Sampai saat ini, dalam kasus ini Jokowi terkesan gagal. Selain memberikan saran, kami tetap akan mengkritik pemerintah ketika bertemu dengan Kepala Staff Presiden nanti," ujarnya Veriyanto.

Veriyanto juga menekankan bahwa Aliansi Sumut Bersatu enggan diintervensi oleh Pemerintah dalam memperjuangkan hak sosial para penganut agama leluhur.

"ASB berada pada posisi yang tidak diintervensi pemerintah. Kita akan terus berjuang sampai hasilnya maksimal. Apabila kami telah berhasil, baru kami akan mundur," pungkasnya. [hta]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas