post image
KOMENTAR
Korea Utara dipastikan tidak akan pernah menggunakan kekuatan nuklirnya terlebih dahulu dalam konflik di kawasan. Korea Utara hanya akan mengerahkan kekuatan nuklir bila pasukan agresi dinilai telah melanggar kedaulatan negara tersebut.

Begitu penegasan dari juru bicara pemerintah Korea Utara sebagaimana disampaikan oleh Korean Committee for Solidarity with the World People, Societies for Friendship with the Asia-Pacific People, serta Korea-Asia Pacific Exchange dalam keterangannya kepada redaksi.

Penegasan itu dibuat karena pemerintah Korea Utara gerah dengan opini publik yang berkembang saat ini yang menyebut bahwa tenaga nuklir Korea Utara adalah ancaman bagi perdamaian di Semenanjung Korea dan di dunia.

Opini tersebut dinilai Korea Utara sebagai opini sesat yang terus dikembangkan oleh Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Padahal Korea Utara telah lantang dan tegas menekankan dalam Kongres Partai Pekerja ke tujuh beberapa waktu lalu bahwa sebagai negara yang bertanggungjawab, Korea Utara tidak akan menggunakan kekuatan nuklirnya terlebih dahulu, kecuali bila ada agresi yang mengancam kedaulatan negara tersebut.

Pemerintah Korea Utara pun telah secara tegas menyebut akan menghormati komitmen untuk non-poliferasi nuklir serta mendukung denuklirisasi di dunia.

Juru bicara pemerintah Korea Utara menggarisbawahi bahwa bagi Korea Utara, denuklirisasi berarti penghapusan nuklir di kawasan, bukan hanya di Korea Utara tapi juga di Korea Selatan dan sekitarnya.

Prinsip denuklirasasi yang ditegaskan Korea Utara berarti: pembukaan penuh senjata nuklir Amerika Serikat di Korea Selatan terhadap publik, penghapusan senjata nuklir dan pangkalan militer Amerika Serikat di Korea Selatan, jaminan bahwa Amerika Serikat tidak akan pernah mengancam atau menyebarkan senjata nuklir di Korea Selatan, serta penarikan pasukan Amerika Serikat dari Korea Selatan. [hta]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas