post image
KOMENTAR
Pernyataan Gubernur Sumatera Utara, T Erry Nuradi dalam beberapa kesempatan yang menyebut Hasban Ritonga sebagai sosok yang pantas mendampinginya sebagai wakil gubernur
merupakan bukti bahwa sosok yang kini menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Utara tersebut sudah berhasil "mencuri" hati T Erry. Hal ini disampaikan pengamat Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Arifin Saleh Siregar.

Menurutnya, meski penyampaiannya dilakukan dengan sedikit bercanda, namun secara politik hal tersebut dapat diartikan sebagai sebuah sinyal mengenai keinginan dari T Erry mengenai sosok yang mendampinginya memimpin Provinsi Sumatera Utara.

"Secara politik, penyebutan nama seperti itu sangat berpengaruh besar. Karena tentu T Erry tidak akan sembarangan menyebut nama," katanya, Senin (18/7).

Arifin menjelaskan, partai politik pengusung pasangan Gatot Pujo Nugroho-T Erry Nuradi seharusnya memahami makna dibalik pernyataan-pernyataan T Erry sebagai sebuah sinyal mengenai sosok yang diinginkannya untuk menjadi wakil gubernur. Diketahui, partai politik pengusung seperti PKS dan Hanura merupakan partai yang berhak mengajukan nama calon kepada T Erry Nuradi untuk mengisi jabatan tersebut.

"Mereka harus merespon hal tersebut, kalau tidak tentu tidak akan ada titik temunya," ujarnya.

Arifin juga berpendapan, munculnya nama Hasban Ritonga yang langsung diwacanakan oleh T Erry Nuradi sendiri merupakan salah satu sinyal politik mengenai sikapnya terhadap beberapa tokoh yang sempat digadang akan diusulkan menjadi calon wakil gubernur, salah satunya yakni Ketua DPD Hanura Sumut, Zulkifli Effendi Siregar.

"Bisa saja T Erry Nuradi memang tidak menginginkan Zulkifli Effendi Siregar menjadi wakilnya sehingga dia memunculkan nama Hasban," ungkapnya.

Diketahui hingga saat ini usulan mengenai calon Wakil Gubernur Sumatera Utara dari partai pengusung belum muncul. Beberapa nama yang sebelumnya sempat disebut-sebut akan menjadi calon wakil gubernur seperti Zulkifli Effendi Siregar, kini tidak lagi dianggap sosok ideal seiring statusnya yang sudah menjadi tersangka di KPK.[rgu]

Yayasan BAITUL MAAL PLN Wilayah SUMUT Hadirkan Bakti Sehat Untuk Negeri Di 10 Kecamatan Kota Medan Terdampak Banjir

Sebelumnya

Majelis Telkomsel Taqwa Hadirkan Senyuman Anak Pulau Melalui Khitanan Massal Gratis

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa