post image
KOMENTAR
Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Walikota Tebing Tinggi 2017 berpotensi hanya diikuti oleh satu pasangan calon saja. Hal ini terjadi setelah pasangan petahana Umar Zunaidi Hasibuan-Oki Doni Siregar sudah mendapat dukungan dari 9 partai politik.

Komisioner KPU Sumatera Utara, Yulhasni mengatakan jelang akhir batas pendaftaran calon kepala daerah yang jatuh besok (hari Jumat, 23/9) pukul 24.00 WIB, hanya 1 pasangan yang sudah mendaftar yakni pasangan Umar Zunaidi Hasibuan-Oki Doni Siregar.

"Mereka mendaftar kemarin dengan diusung oleh 9 partai politik," katanya sesaat lalu.

Data yang diperoleh, 9 partai poliik yang mengusung pasangan tersebut yakni Partai Demokrat, Gerindra, Nasdem, Hanura, PKB, Golkar, PPP, PKPI dan PDI Perjuangan. Dengan demikian, pasangan ini total memperoleh dukungan dari 19 kursi dari 25 kursi yang ada di DPRD Tebing Tinggi.

Yulhasni menjelaskan, tahapan pilkada akan tetap dilanjutkan meskipun nantinya hingga batas akhir pendaftaran hanya 1 pasangan yang mendaftar. Hanya saja untuk dinyatakan menjadi walikota/wakil walikota terpilih, pasangan tersebut harus memperoleh persetujuan dari minimal 50 persen suara dari total pemilih pada pilkada tersebut.

"Nanti mungkin teknisnya kertas suara itu dibuat foto mereka dan pada kolom lain dikosongkan. Nanti yang setuju terhadap mereka mencoblos gambarnya dan yang tidak setuju mencoblos kolom yang dikosongkan. Kira-kira begitulah gambaran teknisnya," ungkapnya.

Diketahui 2 daerah di Sumatera Utara menggelar Pilkada di tahun 2017 mendatang. Keduanya yakni Kota Tebing Tinggi dan Kabupaten Tapanuli Tengah.[rgu]

KOMENTAR ANDA

Baca Juga