post image
KOMENTAR
Bentrokan yang terjadi antara demonstran dengan aparat keamanan bukan dipicu ulah kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Kesaksian Sekjen Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) Hidayat Matnur yang turut serta dalam unjuk rasa, bentok terjadi bukan karena HMI. Melainkan karena aparat yang hendak membubarkan peserta aksi. Bentok pertama kali pun terjadi sekitar pukul 19.34 WIB.

"Suara ledakan mirip petasan sebanyak tiga kali terdengar yang diduga berasal dari barisan aparat. Kita tahu itu adalah gas air mata," katanya kepada redaksi, Jumat malam (4/11).

Hidayat mengakui jika massa HMI berada pada barisan terdepan dalam unjuk rasa menuntut proses hukum terhadap Gubernur DKI Jakarta non aktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) atas dugaan penistaan agama.

"Posisi bentrok terjadi di depan Istana, dekat kantor Menko PMK. Makanya aktivis HMI merespon secara spontan. Jelas, ini ada provokasi pertama dari aparat yang menjaga," bebernya.

Menurutnya, ratusan peserta unjuk rasa aksi kini terus mengalir menuju Gedung DPR RI melalui Jalan Thamrin- Sudirman. Peserta aksi dari berbagai elemen Islam juga masih berada di seputaran Bundaran HI.

"Saat ini, peserta aksi masih semangat meneruskan perjalanannya dengan berjalan kaki," tegas Hidayat. [hta/rmol]





Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa