post image
KOMENTAR
   MBC. Angkatan kerja mencerminkan jumlah penduduk yang secara aktual siap memberikan kontribusi terhadap produksi barang dan jasa di suatu wilayah.

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumpulkan data Agustus 2016, terdapat 125,44 juta orang angkatan kerja di Indonesia yang terdiri dari 118,41 juta orang penduduk bekerja dan 7,03 juta orang pengangguran.

Dari data ini, tingkat pengganguran terbuka paling rendah adalah provinsi Bali sebesar 1,89 persen dan Bangka Belitung 2,60 persen.

Berbanding jauh dengan Provinsi Banten di angka 8,92 persen dan Jawa Barat 8,89 persen. Kedua provinsi ini menjadi daerah paling tinggi tingkat penganggurannya.

Prestasi Bali dan Babel ini menurut Kepala BPS Suhariyanto tak terlepas dari faktor pariwisata yang menjadi andalan kedua provinsi. Terutama Bali, kedatangan wisatawan mancanegara mampu membuka banyak sektor pekerjaa, dan berdampak terhadap berkembanganya pariwisata setempat.

"Maka wajar ke depan pariwisata menjadi andalan pemerintah untuk menjadi alternatif menekan angka pengangguran," ujar Suhariyanto di kantor Pusat BPS, Jalan Sutomo, Jakarta, Senin (7/11).

Sementara DKI Jakarta memiliki tingkat pengangguran 6,12 persen, naik dari Februari 2016 sebesar 5,77 persen.

Secara keseluruhan, dibandingkat Agustus 2015, jumlah penduduk bekerja naik sebesar 3,59 juta orang dan jumlah penganggur turun sebesar 530 ribu orang, sehingga jumlah angkatan kerja naik sebanyak 3,06 juta orang.[hta/rmol]
 

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas