post image
KOMENTAR
Pantun merupakan salah satu kebudayaan sekaligus kesenian melayu yang harus dipertahankan dan dilestarikan oleh pemuda-pemuda melayu. Hal itu disampaikan oleh penyair pantun berprestasi asal Sumatera Utara, Datok Ilham kepada MedanBagus.com, Minggu (13/11).

"Pantun ini merupakan salah satu budaya dan seni melayu yang harus dipertahankan dan terus dilestarikan pemuda-pemuda melayu. Jangan sampai budaya kita hilang termakan zaman," katanya.

Pemuda berusia 33 tahun yang lahir di Sialang Muda, Hamparan Perak, Deli Serdang dan juga aktif di Gerakan Boemi Potera ini sudah mengenal dan sering menyairkan pantun sejak kecil.

"Sejak kecil saya sudah berpantun. Hingga sampai saat ini saya terus kembangkan dan Alhamdulillah dapat beberapa prestasi," jelasnya.

Mulai dari menjuarai kejuaraan pantun kabupaten/kota hingga nasional telah berhasil dicicipi oleh Datok Ilham.

Berikut merupakan sejumlah kejuaran bertemakan pantun yang pernah dimenangkan oleh Datok Ilham:
- Juara III Lomba Berbalas Pantun Tingkat Kabupaten 2001
- Juara I Lomba MC Nuansa Melayu Tingkat Provinsi 2003
- Juara II Lomba Berbalas Pantun Tingkat Nasional 2013

"Mulai mendapatkan juara tingkat kabupaten itu di tahun 2001 dan yang terakhir tahun 2013 kemarin tingkat nasional merupakan sebuah kebanggaan untuk saya. Saya berharap apa yang saya capai ini bisa menjadi contoh baik untuk anak-anak melayu," ungkapnya.[sfj]

Pakat Melayu, Tegaskan Komitmen Jaga Budaya Melayu

Sebelumnya

Kain Ulos 500 Meter Meriahkan Hari Ulos 2019 Di Medan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Budaya