post image
KOMENTAR
Sebagai bentuk keseriusan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah-Ar Raudhah (STIT-AR) Tandam Hulu II dalam memajukan kualitas perkuliahan, STIT-AR menyelenggarakan kuliah lapangan, dengan mata kuliah kewirausahaan di Perkebunan Jambu Biji, Senin (14/11).

Kali ini, penyelenggaraan kuliah lapangan di perkebunan jambu biji milik salah satu dosen STIT-AR, yaitu Bp Khairin, MM yang terletak di daerah Perkebunan Diski.

Sebagai seorang wirausahawan yang sukses, Khairin MM memiliki 8 kebun Jambu Biji. Dimana setiap satu kebun dalam sepuluh hari dapat menghasilkan 1 ton jambu biji.

Hasil panen ini didistribusikan ke Supermarket kenamaan di Kota Medan dan Binjai, seperti Carefour dan Binjai Super Mall.

Perkuliahan lapangan ini diikuti oleh seluruh dosen STIT-AR yang berjumlah 20 orang dan 60 orang mahasiswa semester VII sebagai persyaratan mengikuti ujian
Komprehensif meliputi proses pengembangbiakan bibit jambu, pemeliharaan, pengawasan, hingga memanen jambu biji.

Selain pelaksanaan kuliah lapangan dengan mata kuliah kewirausahaan, salah satu dosen STIT-AR yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua I STIT-AR, yaitu Dr Muhammedi, M.Pd, juga mengadakan syukuran milad hari kelahirannya yang ke 28 tahun.

Dr Muhammedi, M.Pd.I merupakan salah satu dari 5 dosen STIT-AR yang melanjutkan perkuliahan hingga jenjang S3. Sebagai bukti bahwa dosen STIT-AR Tandam Hulu II memiliki komitmen tinggi dalam mengembangkan diri dan profesionalisme sebagai pendidik.

STIT-AR merupakan Perguruan Tinggi Islam  yang beralamat lamat di Jl. TA Hamzah Pasar 4 Cina, Gang Melati Tandem Hulu, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, tepatnya di belakang SPBU Tandam Hulu II yang telah berdiri selama 10 tahun.

Sejak tahun 2007 hingga saat ini, STIT-AR telah memiliki dua program studi, yaitu  PGRA (Pendidikan Guru Raudhatul Athfal) dan PAI (Pendidikan Agama Islam) yang sudah mendapat akreditasi "B" dari BAN-PT.

Sekolah Tinggi yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Raudhatul Akmal  (YPRA) ini dipimpin oleh Pembina Yayasan yang bernama Drs. H Burhan Hs yang juga memiliki  MIS, MTs, MAS, dan Perguruan Tinggi lain di Batang Kuis, yaitu Sekolah Tinggi Agama Islam Raudatul Akmal (STAI-RA).

Menurut Kamaliah, SH, S.Pd.I, M.Psi, selaku Ketua STIT-AR, pelaksanaan kuliah lapangan mata kuliah kewirausahaan ini merupakan loncatan besar bagi kampus STIT-AR untuk mengembangkan kualitas dan kuantitas perkuliahan di STIT.AR.

"kuliah praktek berkebun ini dapat menjadikan STIT-AR semakin dipercaya oleh masyarakat sebagai lembaga Pendidikan Tinggi Islam tempat generasi muslim menimba ilmu pendidikan Islam," ucapnya.

"Selain mendapatkan pengetahuan, kegiatan ini juga  dijadikan sebagai upaya komitmen STIT-AR dalam memelihara rasa persaudaraan kebersamaan antara
mahasiswa dan dosen, sebagai bukti eksistensi STIT-AR dalam memajukan pendidikan Islam," lanjut Kamaliah.

Sementara itu, Pembina Yayasan Pendidikan Raudatul Akmal (YPRA) Drs. H Burhan Hs mengungkapkan bahwa pelaksanaan  kuliah lapangn  dalam sebuah Institusi Pendidikan adalah sebuah keharusan untuk memperkaya informasi tentang kewirausahaan.

"Semoga pelaksanaan perkuliahan di STIT-AR semakin berkualitas dengan  mendidik mahasiswa menjadi mandiri dan berdikari, sehingga STIT-AR semakin diminati oleh masyarakat," demikian Burhan Hs.[rgu]

Rajudin: Kehadiran PPPK Jangan Sampai Menyingkirkan Guru Honor

Sebelumnya

Sekolah Ditutup 14 Hari, Gubernur Edy Rahmayadi: Belajar Dirumah

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Pendidikan