post image
KOMENTAR
Pemerintahan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menyelenggarakan Pelatihan Paralegal Bagi Kelompok Rentan. Selama tiga hari sejak Selasa - Kamis, (22-24 November), 150 orang petani mendapatkan materi Pelatihan Paralegal Dasar. Peserta merupakan perwakilan petani yg berasal dari Kecamatan Tebing Tinggi, Kecamatan Dolok Masihul, Kecamatan Tebing Syahbandar,  Kecamatan Dolok Merawan dan Kecamatan Bandar Kalipah.

Kegiatan dibuka oleh Asisten Pemerintahan Umum Pemkab Serdang Bedagai yaitu Drs. Ramses Tambunan. Ia menyampaikan  Pelatihan Peralegal bagi petani sebagai salah satu kelompok rentan ini merupakan komitmen Pemkab Serdang Bedagai dalam mendorong agar kelompok rentan khususnya petani mampu melakukan pembelaan terhadap dirinya sendiri.

Kegiatan ini difasilitasi oleh narasumber dan fasilitator antara lain Majda El Muhtaj M Hum (Pusham Unimed), Quadi Azam SPd (Pusham Unimed), Irfan Fadillah Mawi SH (Peradi), Nuriono SH (Puspa), dan Fery Apriansyah Pohan (Pemkab Sergai).

Peserta begitu antusias mengikuti pelatihan ini selama 3 hari. Peserta sangat berharap Pemkab Sergai dapat memberikan Pelatihan Paralegal Lanjutan untuk semakin menguatkan masyarakat dan pemerintahan desa. Hal ini antara lain diungkapkan oleh Ibu Simanjuntak dari Desa Dame Kec Dolok Masihul.

Peserta pelatihan menggagas beberapa rencana tindak lanjut pasca pelatihan antara lain memasukkan satu divisi atau seksi pusat bantuan hukum dalam struktur organisasi gapoktan yg ada di setiap desa.

Divisi baru ini nantinya akan diisi oleh peserta pelatihan dasar paralegal yg akan bekerja sama dengan kantor pengacara atau advokat yg terdekat.

Disamping itu para narasumber dan fasilitator juga bersedia membantu dan nantinya akan difasilitasi bagian hukum Sekretariat Daerah Kabupaten (Setda) Sergai dan bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten.[rgu]

Rajudin: Kehadiran PPPK Jangan Sampai Menyingkirkan Guru Honor

Sebelumnya

Sekolah Ditutup 14 Hari, Gubernur Edy Rahmayadi: Belajar Dirumah

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Pendidikan