post image
KOMENTAR
Pemerintah diminta agar membentuk tim pencari fakta tenaga kerja asing (TKA) ilegal Tiongkok. Dalam rangka mencari tahu keakuratan jumlah TKA ilegal asal Tiongkok di Indonesia.

Partai Golkar Desak Pemerintah Tegas Urus Info Soal TKA Ilegal
"Bentuk tim pencari fakta tenaga kerja Tiongkok ilegal. Sebab, jika isu ini dibiarkan terus akan berbahaya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara," kata politisi PDI Perjuangan Darmadi Durianto dalam keterangannya, Selasa (27/12).

Menurutnya, kepastian jumlah TKA asal Tiongkok perlu dilakukan penyelidikan mendalam. Sehingga jumlah tersebut dapat dijadikan bahan evaluasi oleh pemerintah.

"Lakukan penyelidikan mendalam mengenai tenaga kerja ilegal asal Tiongkok tersebut. Kalau ada temuan-temuan nantinya harus jadi evaluasi, apakah nanti harus diberlakukan kembali visa atau tetap bebas visa. Kalau diberlakukan visa tentu dikaji bagaimana dampaknya terhadap wisatawan yang masuk ke Indonesia," jelas Darmadi.

Selain itu, apabila dalam penyelidikan pemerintah menemukan TKA ilegal maka harus diberlakukan tindakan tegas oleh pihak berwenang.

"Ditangkap dan diusir saja oleh pihak yang berwenang, kan mudah. Cari teroris saja bisa, apalagi cari TKA Tiongkok yang ilegal. Kalau ketemu lakukan identifikasi, proses, deportasi. Yang penting action," tegas Darmadi. [hta/rmol]
 

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa