post image
KOMENTAR
Petugas dari Subdit IV/Tipiter Ditreskrimsus Polda Sumatera Utara menangka 4 orang tenaga keraja asing (TKA) ilegal asal China. Penangkapan dilakukan di Dusu I Lorong Delima Desa Paya Tampak, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat. Dari paspor mereka diketahui keempatnya bernama Li Mao (34) asal Hunan China, Li Xin Lin (42) asal Guang Xi, China, Liu Jianqiang (29) asal Hunan China dan Zeng Youfang (49) asal Hunan China.

Humas Polda Sumut, Kombes Rina Sari Ginting mengatakan keempat TKA ilegal tersebut ditangkap karena tidak memilki dokumen yang sah untuk bekerja di Indonesia.

"Penangkapan dilakukan pada Selasa 24 Januari 2017 lalu di PT Pinang Makmur Indonesia Lestari perusahaan yang bergerak di bidang ekspor Pinang," katanya, Kamis (26/1).

Rina menjelaskan, penangkapan keempatnya dilakukan berkat informasi dari masyarakat. Untuk mengelabui petugas, pihak perusahaan yang mendatangkan mereka melakukan modus menjadikan mereka sebagai tenaga ahli oleh perusahaan tersebut.

"Mereka disebut tenaga ahli sortir Pinang kualitas ekspor, sebelum di ekspor ke China. Akan tetapi mereka tidak mempunyai dokumen IMTA (Izin Mempekerjakan Tenaga Keja Asing) dr Kemenakertrans R.I. dan KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) dr Dirjen Imigrasi R.I," ungkapnya.

Saat ini keempat TKA tersebut masih diproses di Kantor Imigrasi Medan. Mereka dipersangkakan Pasal 42 syat (1) Jo Pasal 185 UU RI No. 13 / 2003 ttg Ketenagakerjaan.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa