post image
sinar matahari/net
KOMENTAR

Paparan sinar matahari memiliki manfaat sekaligus bahaya secara langsung dapat membuat kulit, selain dapat membantu proses penyerapan vitamin D, sinar matahari yang memancarakan UVA dan UVB yang tak terlihat oleh mata ini juga sangat berbahaya yang membuat kulit kita menjadi gelap dan bahkan dampak buruknya adalah kanker kulit.

Salah satu cara untuk melindungi diri dari sinar jahat matahari ini adalah dengan mengoleskan sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan. Namun hanya mengandalkan sunscreen saja tak cukup lho! Selalu ada bagian dari tubuhmu yang luput dari olesan, dan akhirnya tetap terpapar sinar UV.

Namun tak perlu khawatir, daftar makanan berikut ini mengandung banyak vitamin C dan likopen yang dapat melindungimu dari bahaya sinar UV. Tambahkan 15 daftar makanan ini kedalam daftar belanjaan dan lindungi dirimu dari dalam agar tak terbakar sinar matahari.

1. Kunyit

Rempah khas Indonesia yang satu ini dapat melindungimu dari kerusakan akibat sinar matahari mengandung kurkumin yang dan komponen antioksidan yang sangat ampuh untuk melawan radikal bebas.

2. Semangka

Tak hanya baik untuk menghidrasi tubuh, semangka juga dapat melindungimu dari sengatan sinar matahari. Hal ini karena semangka mengandung vitamin A, C, dan likopen yang telah terbukti melindungi kulit dari sinar UV.

3. Wortel dan Paprika merah

Sama-sama kaya akan beta-karoten, wortel dan paprika merah dapat melindungi kita dari sengatan matahari. Namun efek perlindungan ini butuh waktu untuk bekerja, yaitu minimal selama 10 minggu. Jadi jika kamu ingin melindungi kulitmu maka kamu harus mengonsumsi wortel dan paprika lebih awal sebelum musim panas tiba.

4. Tomat

Kandungan likopen dan flavanol dari tomat dapat meningkatkan perlindungan terhadap matahari. Menikmati jus tomat ataupun menambahkan banyak irisan tomat dalam nasi goreng atau mie goreng dapat menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari bahaya sinar jahat matahari.

5. Kedelai

Produk-produk olahan kedelai ataupun kedelai seperti tahu dan tempe mengandung isoflavon yang sangat bermanfaat bagi kulit. Isoflavon dapat meningkatkan kolagen pada kulit, melindungi dan mencegah kulit terkena kanker akibat sinar UV.

6. Minyak Zaitun

Kaya akan kandungan vitamin E, minyak zaitun juga dapat menjaga kesehatan kulitmu. Vitamin E terbukti dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh matahari. Kamu dapat menambahkan minyak zaitun pada makananmu ataupun memakan buah zaitun aslinya.

7. Cokelat

Cokelat mengandung flavonoid seperti epicatechin, catechin, dan procyandins. Flavonoid ini bertindak sebagai antioksidan dan membantu melindungi kita dari kerusakan kulit akibat matahari. Terutama cokelat hitam (dark chocholate) karena semakin pekat warna cokelat, semakin baik pula untuk tubuh.[krm]

Instagram Ternyata Punya Dampak Buruk Bagi Kesehatan Mental

Sebelumnya

7 Destinasi Wisata Alam Paling Mengesankan di Bali

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Lifestyle