post image
Net
KOMENTAR

Universitas Sumatera Utara (USU) memperlihatkan perbaikan posisi pada pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia. Berdasarkan pemeringkatan Versi Webometrics, Januari 2020 ini USU berada pada peringkat 8 di Indonesia. Sedangkan untuk peringkat dunia atau World Rank, USU menempati posisi 1.871.

Webometrics sendiri merupakan salah satu perangkat atau sistem untuk mengukur atau memberikan penilaian terhadap kemajuan seluruh universitas atau perguruan tinggi terbaik di dunia (World Class University) melalui Website universitas tersebut.

Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Runtung Sitepu perbaikan peringkat tersebut menjadi hal yang membanggakan. Meskipun disisi lain, mereka dituntut untuk terus mempertahankannya lewat peningkata mutu pendidikan.

Ia memaparkan pada Januari 2018, peringkat USU ada pada urutan 33 Indonesia dan 4.233 pada ranking dunia. Peringkat ini terus naik menjadi peringkat 20 Indonesia dan 2.968 ranking dunia pada Juli 2018. Pada Januari 2019 peringkat USU naik lagi pada posisi 18 Indonesia dan 2.710 ranking dunia. Kemudian pada Juli 2019 peringkat USU menjadi 11 Indonesia dan 1.935 ranking dunia.

Dan terakhir pada Januari 2020 USU meningkat menjadi peringkat 8 Indonesia dan 1871 ranking dunia.

“Kita terus menunjukkan konsistensi peningkatan mulai dari peringkat 33 Indonesia hingga saat ini pada peringkat 8,” katanya.

“Peringkat itu berdasarkan metodologi yang dinilai untuk kinerja di bidang riset performance 50 persen bobotnya, inovasi 30 persen dan media sosial. Semoga USU terus maju,” pungkasnya.

Sekolah Ditutup 14 Hari, Gubernur Edy Rahmayadi: Belajar Dirumah

Sebelumnya

Imbas Corona, SMA/SMK Di Sumut Mulai Belajar Mandiri Di Rumah

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Pendidikan