post image
KOMENTAR

Untuk meningkatkan antisipasi penyebaran Covid 19, Bandara Internasional Kualanamu (KNIA) menyediakan fasilitas Walking Thorugh Disinfection atau ruang sterilisasi. Ruang ini dapat dipergukana oleh seluruh pengguna jasa bandara baik penumpang yang baru datang maupun penumpang yang akan berangkat.

Plt Manager Branch Communication and Legal, Paulina Simbolon mengatakan saat ini Walking Through Disinfection beroperasi di terminal kedatangan Domestik dan di area stasiun Railink dan nantinya akan ada di area keberangkatan juga.

“Fasilitas tersebut merupakan hasil karya para teknisi Bandara Kualanamu untuk mendukung pemerintah dalam upaya menghadapi situasi krisis covid-19 secara langsung dan cepat dalam bertindak menyelamatkan jiwa manusia yang harus segera dipenuhi di tengah maraknya penyebaran pandemi Covid-19 saat ini,” katanya, Rabu (25/3).

Paulina menjelaskan prinsip utama dari ruang sterilisasi ini adalah menyemprotkan uap disinfektan ke seluruh tubuh seseorang sehingga terbebas dari virus, bakteri atau kuman. Seseorang yang keluar dari ruang sterilisasi ini diharapkan telah terbebas dari kuman sehingga tidak akan menularkan serta menyebarkan kepada pihak lain.

Di samping itu, di dalam area terminal penumpang pesawat juga disediakan banyak titik hand sanitizer bagi para pengguna jasa dan pelaksana tugas di bandara.

“Penambahan 2 (dua) titik Wastafel untuk mencuci tangan, di area zona A dan zona B karena kesehatan adalah prioritas utama. Juga memperluas area penyemprotan cairan disinfektan sebagai ikhtiar kami agar mencegah penyebaran virus,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan jika sebelumnya penyemprotan disinfektan dilakukan di seluruh area terminal penumpang pesawat, area publik, lalu ke bagasi penumpang, maka sekarang penyemprotan cairan disinfektan juga dilakukan di sisi udara (airside). Penyemprotan dilakukan dengan jet sprayer dan menggunakan cairan disinfektan dengan kandungan bahan aktif hydrogen peroxida.

“Kami berharap airside dapat steril dari virus, sebagaimana upaya yang telah kami jalani untuk mensterilisasi area terminal penumpang pesawat, area perkantoran, dan area publik lainnya,” sebutnya.

KNIA juga sudah menjalankan konsep physical distancing di beberapa area khususnya di tempat berkumpulnya penumpang pesawat seperti saat proses check-in, pemeriksaan keamanaan, saat di boarding lounge, hingga ketika memproses boarding ke pesawat.

“Harapannya semoga kita dapat mencegah, meminimalisir, dan melindungi diri dari COVID-19. Semoga Alloh Subhana Wa Ta’ala, Tuhan yang Maha Kuasa segera memberikan solusi agar pandemi ini dan badai segera berlalu,” pungkasnya.

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Peristiwa