post image
KOMENTAR

Kecamatan Sunggal adalah kecamatan dengan jumlah lansia cukup tinggi dan banyak yang mengalami permasalahan kesehatan diantaranya penyakit hipertensi, diabetes mellitus dan osteoarthritis. Sementara Posyandu Lansia yang ada di kecamatan Sunggal belum dimanfaatkan oleh para lansia secara optimal dalam memantau dan memeriksakan kesehatannya secara rutin. Untuk mengatasi masalah tersebut LPPM USU dan FKM USU menggelar pengabdian masyarakat melalui pemeriksaan kesehatan pada posbindu dan posyandu lansia di Kecamatan Sunggal. Kegiatan ini dilaksanakan pada selasa (24/8) dan Kamis (9/9).

Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan pemeriksaan kesehatan yang meliputi pemriksaan metabolik tubuh seperti pemeriksaan kadar gula, asam urat, kolesterol, pengukuran berat badan, tinggi badan dan lingkar perut serta lingkar pinggang pada 64 orang warga masyarakat di Kelurahan Sunggal yang dilakukan selama 2 hari. Selain itu pemberian konseling pada peserta mengenai pentingnya untuk selalu rutin melakukan pemeriksaan rutin.

"Ini pertama kalinya saya ke posyandu lansia, biasanya saya hanya ke puskesmas untuk berobat jika mengalami sakit pada tubuh saya, melalui kegiatan ini saya mengetahui bahwa memang perlu melakukan pemeriksaan rutin pada tubuh kita" ujar Ibu Suyatni salah satu peserta yang hadir dalam posbindu.

Kegiatan pengabdian bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan Posbindu Lansia melalui kegiatan pelatihan kader posyandu lansia dalam mengenal masalah kesehatan pada lansia, upaya pencegahan, meningkatkan peran dan ketrampilan kader posyandu Lansia. Edukasi pada para lansia terkait masalah kesehatan lansia, perlunya memeriksakan kesehatan secara teratur, dan pemeriksaan kesehatan lansia.

Cegah Covid 19 LPPM dan FKM USU dengan Menggandeng Ibu-Ibu PKK Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang

Sebelumnya

Yayasan BAITUL MAAL PLN Wilayah SUMUT Hadirkan Bakti Sehat Untuk Negeri Di 10 Kecamatan Kota Medan Terdampak Banjir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Peristiwa