Rabu, 25 Desember 2013 , 01:24:00 WIB

OK Arya-Raden Mas Harry Dilantik Jadi Bupati-Wabup Batubara Periode 2013-2018


H OK Arya Zulkarnain SH MM dan H Raden Mas Harry Nugroho SE resmi menjadi pemimpin di Kabupaten Batubara dalam lima tahun ke depan. Keduanya resmi dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Batubara periode 2013-2018.

Pelantikan pemenang Pemilukada Batubara ini dilakukan Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST MSi di Gedung DPRD Batubara, Selasa (24/12).

Pelantikan yang berlangsung aman dan lancar ini juga berlangsung meriah karena dihadiri ribuan undangan dari berbagai lapisan. Mulai dari pejabat pusat hingga masyarakat kalangan bawah.

Tampak hadir pada acara tersebut Anggota DPR RI Ir Ali Wongso Sinaga, Wakil Ketua DPRD Sumut Kamaluddin Harahap, Anggota DPRD Sumut yang juga Ketua Partai Golkar Sumut Ajib Shah, Ketua Tim Penggerak PKK Sumut Hj Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho, Ketua Dharma Wanita Persatuan Sumut Hj Doharni Nurdin Lubis.

Hadir juga Danrem 022 Pantai Timur Kol Inf Arif Teguh Indra Atmoko (mewakili Pangdam I/BB), Ketua PN Kisaran Nazar Effriandi (mewakili Ketua Pengadilan Tinggi Sumut), Danlanal Tanjung Balai Letkol T Sembiring (mewiliki Danlanal 1 Belawan), Dir Sabhara Poldasu D Sinuraya (mewakili Kapoldasu), Kajari Limapuluh R Tarigan (mewakili Kajatisu) sert beberapa bupati/wali kota diantaranya Bupati Labura, Bupati Langkat, Walikota Tebing Tinggi, Walikota Tanjung Balai, Bupati Samosir, Bupati Asahan, dan Wakil Bupati Labuhanbatu.

Terlihat juga ratusan karangan bunga berisi ucapan selamat atas pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Batubara terpajang berderet di sepanjang jalan protokol Kota Limapuluh depan Kantor Bupati hingga Kantor DPRD Batubara.

Prosesi pelantikan dimulai pukul 10.00 diawali rapat paripurna istimewa DPRD Batubara dengan agenda pengambilan sumpah jabatan OK Arya Zulkarnain sebagai Bupati dan Raden Mas Harry Nugroho sebagai Wakil Bupati Batubara periode 2013-2018.

Bertindak sebagai pimpinan sidang, Ketua DPRD Batubara Selamat Arifin SE. Dalam sidang paripurna istimewa dibacakan putusan Menteri Dalam Negeri tentang perberhentian OK Arya Zulkarnain dan Drs H Gongmatua sebagai Bupati dan Wakil Bupati Batubara dan mengangkat  OK Arya Zulkarnain dan Raden Mas Harry Nugroho sebagai Bupati dan Wakil Bupati Batubara untuk lima tahun ke depan.

Selanjutnya dilakukan pengambilan sumpah jabatan bupati dan wakil bupati yang baru. Setelah gubernur resmi melantik, diteruskan pemasangan atribut berupa tanda pangkat serta lencana bupati dan wakil bupati.

Dalam sambutannya Gubsu menjelaskan, seharusnya pelantikan dilaksanakan tanggal 23 Desember 2013 yang bertepatan dengan berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Batubara periode 2008-2013. Namun karena ada agenda rapat paripurna DPRD Sumut sehingga pelantikan baru bisa dilaksanakan pada 24 Desember 2013.

"Prosesi ini merupakan sebuah puncak tahapan pemilukada setelah pemungutan suara dilaksanakan tanggal 19 September 2013 yang lalu dan telah diputuskan oleh KPU Kabupaten Batubara pasangan H OK Arya Zulkarnain SH MM dan H Raden Mas Harry Nugroho SE sebagai pasangan calon terpilih," ujarnya.

Usai acara sambutan Gubernur, dilakukan acara pemberian ucapan selamat kepada bupati dan wabup yang baru dilantik. Diawali ucapan selamat dari Gubsu didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Sumut Hj Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho serta diikuti pejabat lainnya. [ded|dito]




Comments