post image
KOMENTAR
Wilayah Nias Utara tiba-tiba diguncang gempa, siang tadi (Minggu, 14/9) pukul 11.52 WIB.

Informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyebutkan, gempa yang melanda wilayah tersebut berkekuatan 5,6 skala richter berada di 31 km barat daya Nias Utara atau 36 km barat laut Nias Barat, Sumatera Utara. Pusat gempa pada zona subduksi lempeng Hindia Australia dan lempeng Eurasia di sisi luar dari lempeng Eurasia dengan kedalaman 14 km.

"Gempa tidak menimbulkan potensi tsunami," jelas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho melalui pesan elektroniknya kepada redaksi.

Lanjut Sutopo, posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa di lokasi. Gempa terasa sedang hingga kuat selama sekitar lima detik di Nias Selatan dan Nias Utara. Masyarakat sempat panik dan berhamburan keluar rumah. Hingga kini pendataan masih dilakukan oleh BPBD setempat.

"Beberapa daerah lain sedang dikonfirmasi petugas Posko BNPB," imbuhnya.  

Sementara itu, dampak gempa 5 SR di 14 km barat daya Tanah Datar pada 11-9-2014 telah menyebabkan 18 rumah rusak sedang, 187 rumah rusak ringan, 3 sekolah rusak sedang, 28 sekolah rusak ringan, satu puskesmas rusak ringan, dan enam mushola rusak ringan. Sutopo memastikan, BNPB telah mengirimkan tim reaksi cepat mendampingi BPBD Kabupaten Tanah Datar dan BPBD Kota Padang Panjang melakukan pendataan. Bupati Tanah Datar telah menetapkan masa tanggap darurat 11-24 September 2014.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa