post image
KOMENTAR
Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumatera Utara mendesak agar pemerintah membuat regulasi khusus terhadap para produsen penghasil plastik di Indonesia. Regulasi khusus menurut Ketua Walhi Sumatera Utara, Kusnadi akan membuat surat edaran mengenai pengurangan penggunaan plastik ditengah masyarakat akan semain efektif.

"Saat ini yang ada itu kan masih surat edaran dari pemerintah yang dilaksanakan berbagai daerah, salah satunya dengan mengenakan kantong plastik berbayar. Ini harus ditindaklanjuti pemerintah dengan membuat regulasi khusus produsen plastik," katanya, Kamis (25/2).

Salah satu usulan regulasi bagi para produsen plastik tersebut menurut Kusnadi yakni dengan mengenakan biaya tambahan untuk setiap produksi plastik terutama jenis yang sulit terurai dari pihak produsen. Hal ini menurutnya akan mendukung inisiatif pengurangan plastik dengan kebijakan plastik berbayar oleh sejumlah ritel modern.

"Karena kalau pengurangan plastik hanya terjadi ditingkat konsumen, sementara produsennya terus jorjoran memproduksi plastik, itu tidak akan berhasil," ungkapnya.

Dana tambahan yang dikenakan untuk setiap produksi plastik ini menurut Kusnadi nantinya akan digunakan oleh pemerintah sebagai dana untuk berbagai kegiatan pelestarian lingkungan yang terdampak akibat penggunaan plastik ditengah masyarakat.[rgu]

Lakukan ini, Maka Kecerdasanmu akan Meningkatkan Setiap Harinya

Sebelumnya

Solusi Tepat Merawat Fungsi Sistem Pencernaan Tubuh

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Kesehatan