post image
Net
KOMENTAR

Ikan memiliki sumber protein yang tinggi dan baik untuk tubuh. Di Indonesia, ikan mudah untuk dijumpai. Mengingat negara kita ini merupakan negara maritim yang memiliki banyak sumber ikan yang beragam.

Untuk kamu yang suka makan ikan pasti akan selalu berusaha mengolah ikan menjadi makanan atau masakan yang enak juga menggugah selera. Cara mengolahnya juga berbeda-beda agar tidak menimbulkan rasa bosan dalam mengkonsusmsi ikan.

Berikut 5 makanan olahan dari ikan yang mudah untuk dibuat.

1. Pempek
Pempek merupakan makanan asli Indonesia yang bahan utamanya adalah ikan tenggiri. Awalnya makanan ini hanya bisa dijumpai di Sumatera Selatan, tapi sekarang hampir di beberapa Cafe telah menyediakan makanan ini sebagai kudapan.

Membuat pempek juga tidak sulit, hanya dengan menggiling daging tenggiri kemudian mencampurnya dengan terigu, tepung sagu, bawang putih, gula dan garam. Setelah tercampur dan menjadi adonan, pempek siap digoreng dan disantap dengan kuah cuko.

Jenis pempek juga beragam, mulai dari kapal selam, adaan, lenjer, dan sebagainya.


2. Bandeng Asap
Awalnya banyak yang tidak ingin memilih ikan bandeng karena terdapat banyak duri. Tapi sekarang banyak jenis olahan dari ikan bandeng ini, diantaranya bandeng asap, bandeng presto, sate bandeng dan lain sebagainya.

Ikan yang memiliki kandungan omega 3 dan lemak baik ini telah menjadi oleh-oleh yang awalnya berasal dari kota Sidoarjo.

Dengan membersihkan sisik dan isi perut bandeng, kemudian diolah dengan pengasapan hingga warnanya menjadi kuning keoklatan


3. Otak-Otak
Hampir sama dengan pempek. Otak-otak terbuat dari daging ikan tenggiri yang digiling halus dan dicampurkan dengan tepung sagu dan bumbu rempah-rempah. Kemudian adonan hanya dikukus menggunakan daun pisang.

Setelah itu, sebelum disantap dibakar terlebih dahulu sampai tercium wanginya. Dan santap dengan bumbu kacang.

4. Ikan Asam Padeh
Olahan makanan yang berasal dari Minangkabau ini memang banyak diminati. Masakan ini juga menjadi ikon masakan nusantara. Banyak jenis ikan yang bisa dijadikan masakan jenis ini.

Memiliki cita rasa asam dan pedas menjadikannya juga sebagai menu di berbagai daerah lain seperti Aceh, Riau dan Melayu.

Salah satu jenis ikan yang dijadikan makanan ini adalah ikan tongkol. Dengan mencampurkan bumbu bawang merah, bawang putih, laos, kemiri, kunyit dan cabai, kemudian tumis dan ditambahkan serai dan air. Masakan ini siap untuk disantap.

5. Bakso Ikan
Memiliki protein yang tinggi, sebaiknya anakanak perlu banyak mengkonsumsi ikan. Tapi kebanakan anak tidak menyukainya. Perlu ide kreatif agar anak mau mengkonsumsi ikan.

Bakso ikan salah satu cara kreatif agar anak menyukai ikan. Membuatnya juga tidak terlalu sulit. Dengan bahan dasar ikan yang digiling, kemudian dicampurkan dengan tepung dan bumbu lainnya. Adonan hanya tinggal dibentuk menyerupai bakso dan di rebus hingga matang.

Itulah 5 makanan dan masakan dari olahan ikan khas Indonesia yang mudah dan praktis. Masih banyak lagi kuliner olahan ikan yang bisa ditemukan di berbagai daerah. Kamu juga bisa berkreasi sendiri untuk mengolah ikan menjadi santapan lezat. [dar]

Lewat Food Pairing Experience, Guinness Jelajahi Kuliner Nusantara Di Empat Kota

Sebelumnya

Kedai Kopi Paser Tempat Nongkrong Baru Di Medan Tembung

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Dokter Kuliner