post image
KOMENTAR

Perubahan pola belanja masyarakat dari langsung (offline) ke pola berbelanja secara online ikut mendongkrak pertumbuhan bisnis bagi kalangan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Tercatat pertumbuhan platform belanja online mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Khususnya untuk jasa antara makanan saja pertumbuhannya menurut Head of Marketing Grab Food and New Business, Grab Indonesia, Ichmeralda Rachman mencapai 900 persen.

“Platform pesan-antar makanan di enam pasar Asia Tenggara tumbuh hingga 900 persen setahun. Di Indonesia, GrabFood tumbuh tiga kali lipat dalam setahun,” katanya di acara peresmian GrabKitchen di Medan, Rabu (27/11/2019).

Perkembangan pola ini juga mendorong penguatan jaringan UMKM setempat. Bagi Grab hal ini mereka wujudkan dengan memperkenalkan konsep cloud kitchen di seluruh Indonesia yakni GrabKitchen. Dengan aplikasi ini para pelaku UMKM dapat memperluas bisnisnya tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk pembukaan outlet.

“GrabFood akan mengoperasikan 30 GrabKitchen di seluruh Indonesia yang tersebar di Jakarta, Bandung, Bali dan Medan. Di Medan sendiri pada November ini meluncurkan dua lokasi yakni GrabKitchen Polonia dan GrabKitchen Pahlawan,” ujarnya.

Sejumlah merchant di Medan saat ini yang bergabung yakni Ayam Goreng Karawaci, Sate Padang Sate Padang Kacang Alida Chaniago, Es Campur Acuan, Warung Bos Gila Bos dan Ayam Geprek Mbak Judez. Kehadiran GrabKitchen di Medan diharapkan dapat menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan perekonomian, baik secara lokal maupun nasional.

“Apalagi UMKM merupakan salah satu penggerak perekonomian di Indonesia,” pungkasnya.

Owner Ayam Goreng Karawaci Medan, Fahmi Al Syahid mengakui, sejak bergabung dengan GrabFood, bisnisnya telah berkembang pesat. Hal inilah yang mendasari alasan untuk menyambut baik kesempatan bekerja sama dengan GrabKitchen.

“Setelah berbisnis dengan memanfaatkan aplikasi digital, omset yang saya dapat naik 200 persen dari sebelumnya. Saya berharap kesempatan ini akan terbuka lebar bagi lebih banyak merchant dan GrabKitchen juga dapat tumbuh lebih besar lagi,” tandasnya.

Untuk diketahui, hasil riset Center for Strategic and International Study (CSIS) dan Tenggara Strategics menyebutkan bahwa pada tahun 2018 lalu, GrabFood telah berkontribusi Rp1,03 triliun bagi perekonomian Kota Medan.

Industri kuliner setempat pun mengalami peningkatan pesat, dengan omset penjualan rata-rata mitra GrabFood di Medan meningkat 19% menjadi Rp1,8 juta per hari dari Rp1,5 juta per hari sebelum bermitra dengan GrabFood. [dar]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Ekonomi