post image
KOMENTAR
Tokoh oposisi sekaligus perubahan nasional, DR. Rizal Ramli, mendukung aksi mogok kerja nasional yang dilakukan menyusul dilecehkannya tuntutan yang selama ini disampaikan para buruh.

"Setelah tuntutan buruh terus menerus ditolak, kami mendukung mogok yang akan dilakukan buruh di berbagai daerah ini," ujar Rizal yang didampingi puluhan aktivis pro perubahan kepada wartawan di Tebet, Jakarta, Senin (1/10).

Aksi mogok nasional yang akan digelar besok, Selasa (2/10), dilakukan para buruh menyusul dilecehkannya tuntutan tentang upah layak, jaminan sosial dan penghapusan sistem outsourching atau sistem kontrak kerja yang selama ini mereka suarakan. Para buruh menilai pemerintah dan DPR tidak menindaklanjuti tuntutan-tuntutan tersebut dengan kebijakan dan tindakan yang kongkrit.

Aksi mogok nasional yang rencananya akan digelar oleh para buruh yang ada di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan di provinsi lainnya ini digelar bukan lagi untuk mempersoalkan tuntutan-tuntutannya, melainkan mempermasalahkan peran dan tanggungjawab pemerintah dan DPR. Mereka menuntut pemerintah dan DPR untuk mundur dan membubarkan diri dan mengajukan usulan untuk dibentukn sistem yang menjamin keadilan bagi buruh dan seluruh rakyat Indonesia.

Bagi Rizal Ramli yang tak lain adalah mantan Menteri Perekonomian ini, aksi buruh dan pekerja ini sangat wajar karena selama ini memang tuntutan mereka selalu diabaikan. Sistem outsourching yang berlaku sangat tidak manusiawi. Buruh juga dibayar dengan upah tidak layak, dan tidak adanya jaminan sosial bagi para buruh.

"Tentu saya mengimbau aksi berlangsung damai, tidak anarkis," imbuh ketua Aliansi Rakyat untuk Perubahan (ARUP).[rmol/hta]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa