post image
KOMENTAR
Pasangan Calgub/Cawalgub Amri Tambunan dan Rustam Effendi Nainggolan menginginkan Provinsi Sumatera Utara sebagai tujuan wisata potensial baik nasional dan internasional pada tahun 2015.

“Sebenarnya tidak terlalu sulit kalau kita serius dan semua kalangan mendukung,” kata Cawalgub Sumut, Rustam Effendi Nainggolan di Medan.

Menurut Rustam, sebagai provinsi yang terdiri dari pantai dan pegunungan, Sumut memiliki banyak potensi wisata yang menarik bagi wisatawan, baik domestik mau pun luar negeri.

Ia mencontohkan keberadaan Danau Toba di Kabupaten Simalungun, pemandangan alam Berastagi di Karo, dan berbagai jenis pantai di Kepulauan Nias yang merupakan pinggiran dari samudera luas.

Lain lagi dengan pemandian alam Bahorok di Kabupaten Langkat, berbagai bangunan bersejarah, serta sejumlah situs warisan dunia seperti kota tua Barus di Tapanuli Tengah dan kota rantang di Deli Serdang.

“Jadi, menjadikan Sumut sebagai tujuan wisata nasional dan internasional bukan mustahil karena berbagai potensi itu ‘laku dijual’,” kata cawagub dari Partai Demokrat tersebut.

Ia mengatakan, untuk merealisasikan cita-cita tersebut, Sumut dapat menjadikan tahun 2013 sebagai proses persiapan dengan membenahi berbagai infrastruktur menuju lokasi wisata itu.

Perbaikan infrastruktur itu sangat diperlukan agar wisatawan tidak kesulitan, bahkan merasa nyaman ketika mendatangi berbagai potensi wisata tersebut.

Infrastruktur tersebut bukan hanya dalam bentuk akses jalan, tetapi juga berbagai fasilitas yang dibutuhkan wisatwan di lokasi tujuan seperti penginapan yang nyaman dan aman.

Setelah persiapan dilakukan pada 2013, Sumut dapat melakukan promosi yang efektif dan kegiatan yang menarik pada tahun 2014.

Mantan Sekretaris Daerah Provinsi Sumut itu mencontohkan kegiatan “Tour de Toba” dengan melibatkan wisatawan untuk menyusuri daerah yang mengitari Danau Toba seperti Kota Pematang Siantar, Kabupaten Dairi, Karo, Samosir, dan berakhir di Danau Toba di Kabupaten Simalungun.

Demikian dengan kegiatan selancar di Kepulauan Nias yang dapat berpotensi menjadi salah satu pusat selancar internasional karena memiliki ketiggian ombak yang besar karena berada dekat samudera luas. [ant/hta]

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Sebelumnya

Selamat, JNE Medan Raih 4 Penghargaan di Indonesia Marketeers Festival 2020

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi