post image
KOMENTAR
Menjelang Natal dan Tahun Baru 2013,harga cabai di sejumlah pasar tradisional di kota Medan mengalami  kenaikan.

Kenaikan ini menurut sejumlah pedagang, karena pasokan terus berkurang. Cuaca ekstrem terjadi di kota Medan menjadi salah satu faktornya.

Informasi yang berhasil medanbagus.com di sejumlah pasar di Kota Medan,  Senin (3/12/2012), kenaikan terbesar terjadi di pasar Pringgan, pajak Sei Kambing, Pasar Pulo Brayan, dan di Pasar Aksara.

Harga cabai merah menyentuh angka Rp 12.000 per kg, sebelumnya harga Rp 11.000 per kg.  Harga cabai rawit juga mengalami kenaikan, dari harga Rp 7000 menjadi Rp 9000 per kilogram. Menyusul menipisnya pasok dari sentra produksi di daerah Sumut.

Menurut Sarti, salah pedagang di Pulo Brayan, mengatakan kenaikan terjadi dua pekan terakhir.

"Harga cabai rawit sudah naik dua kali. Kenaikan harga cabai rawit ini terjadi karena pengiriman cabai dari beberapa daerah mengalami penurunan akibat musim hujan, " katanya.

Dia mengatakan, kondisi seperti ini bisa saja berlangsung lama, karena sulit memperkirakan alam yang ekstrem belakangan ini.

Hal senada dikatakan Marno, salah seorang pedagang di Pasar Sei Kambing Medan.

Dia mengatakan, kenaikan harga cabai tersebut dipicu oleh terus berkurangnya pasokan cabai dari petani. Biasanya, dalam sehari pedagang bisa memasok cabai dari pengumpul mencapai lebih dari 200 kg, tetapi kini mendapatkan 100 kg saja tidak sampai.  [alf]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Ekonomi